Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Buku GuruBuku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018. Buku guru dikembangkan dengan berdasar kepada asumsi bahwa belajar bahasa adalah bagaimana cara siswa membangun pengalaman baru di dalam kegiatan berbahasa dan bersastra berdasarkan pengalaman awalnya. Asumsi ini menekankan kepada prinsip bahwa sumber belajar bahasa yang otentik adalah pengalaman.

Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Siswa akan belajar bahasa dengan baik jika yang dipelajarinya terkait dengan apa yang telah diketahuinya. Piaget, misalnya, melalui teori skemanya menjelaskan bahwa perkembangan intelektual anak muncul melalui proses penciptaan pengetahuan baru berdasarkan pengetahuan awal si anak.

Sulit dibayangkan bahwa kemampuan berbahasa dan bersastra siswa akan berkembang jika mereka tidak mengalami pengetahuan atau pengalaman barunya dengan pengetahuan atau pengalaman yang dimiliki siswa atau guru. Artinya, belajar berbahasa dan bersastra itu akan lebih bermakna jika para siswa mengalaminya, bukan hanya mengetahuinya.

Pembelajaran yang demikian akan mengembangkan kemampuan memecahkan masalah dan membangun literasinya. Buku teks pelajaran ini dirancang dengan berbasis teks dan pengalaman agar belajar bahasa Indonesia semakin meningkatkan kemampuan berbahasa dan bersastra melalui beragam teks. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Untuk mendukung capaian tersebut buku ini juga dilengkapi dengan membiasakan siswa untuk membaca buku. Hal ini dimaksudkan agar literasi membaca tumbuh dengan bath. Para siswa harus tamat membaca buku paling sedikit 18 judul buku pengayaan (pengayaan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian), buku referensi, dan buku hasil penelitian.

Materi yang akan dipelajari di kelas XII SMA/MA dan SMK/MAK sederajat meliputi surat lamaran, novel, editorial, dan artikel jurnal atau media massa cetak. Di samping itu, terdapat materi berupa buku yang wajib dibaca siswa dan guru secara terprogram. Model penyajian buku menggunakan teks untuk tujuan-tujuan sosial dan fungsi komunikasi. Beberapa metode yang diterapkan di antaranya belajar berbasis metode ilmiah, belajar berbasis masalah, dan belajar berbasis tugas. Hal ini dimaksudkan agar isu-isu mutakhir kecakapan abad ke-21, seperti kemampuan berpikir kritis, inovatif, kreatif, dan kolaborasi tumbuh dengan baik. Pembelajaran dimulai dengan pemahaman, pemodelan, dan pengungkapan informasi di balik teks secara mandiri maupun secara kolaboratif.

Aktivitas yang harus ditempuh berupa mengenal dan memahami teks, kemudian diakhiri dengan menyusun, membuat, atau memproduksi teks tersebut. Buku Guru berisi panduan pembelajaran bahasa Indonesia secara umum dan cara menggunakan buku teks secara khusus. Setiap bab dalam buku teks ini mencakup hal-hal berikut. Pertama, penjelasan tentang tujuan, struktur retorika, kebahasaan, dan lokasi sosial. Kedua, model teks dan telaah model teks. Ketiga, latihan dan tugas. Keempat, tugas membaca buku.

Terlahirnya buku ini tidak terlepas dari sumbangan tenaga dan pikiran dari para penelaah. Dalam kesempatan ini kami mengucapkan beribu terima kepada :
A. Prof. Dr. Bambang Kaswanti Purwo (Universitas Atmajaya);
B. Prof. Dr. Hasanuddin W.S. (Universitas Negeri Padang);
C. Prof. Dr. Rapi Tang, M.S. (Universitas Negeri Makassar);
D. Dr. Felicia N. Utorodewo, M.Si. (Universitas Indonesia);
E. Dr. Dwi Purnanto (Universitas Sebelas Maret); dan
F. Dr. Liliana Muliastuti (Universitas Negeri Jakarta)

Atas segala jerih-payah Bapak/Ibu penelaah. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Mohamad Hamka, M.Si. yang telah memberi masukan dalam pengembangan Kompetensi Dasar ke dalam buku teks pelajaran. Teriring doa semoga amal baik Bapak/Ibu akan mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Mengetahui. Untuk para siswa kami ucapkan selamat membaca dan menjadikan buku ini sebagai bagian dari upaya pencerdasan kehidupan bangsa.

Dowload Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018.

Silahkan Share Untuk Kepentingan Pendidikan Indonesia.
Terima Kasih, Semoga Bermanfaat

Berlangganan via Email