Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa yang dimaksud dengan QRIS

Masbabal.Com - Apa yang dimaksud dengan QRIS? Apa yang membedakan QRIS dengan QR Code pembayaran yang telah digunakan selama ini? Apa saja model pembayaran yang bisa dilakukan dengan QRIS? Simak Penjelasan Dibawah ini.

Apa yang dimaksud dengan QRIS? Apa yang membedakan QRIS dengan QR Code pembayaran yang telah digunakan selama ini? Apa saja model pembayaran yang bisa dilakukan dengan QRIS?

Apa yang dimaksud dengan QRIS?
Quick Response Code Indonesian Standard singkatan dari QRIS. QRIS ini adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang kalian lakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. QRIS merupakan akronim dari Quick Response (QR) Code Indonesian Standard. Artinya, QR Code ini merupakan standar yang harus digunakan saat bertransaksi menggunakan nontunai, baik oleh merchant maupun pengguna.

Apa yang membedakan QRIS dengan QR Code pembayaran yang telah digunakan selama ini?
Dengan adanya QRIS, maka sekarang seluruh transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code aja nih.. karena kode QR itu yang sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan dan/atau menerima pembayaran dengan QR code. Jadi, tidak perlu lagi kamu pusing-pusing dihadapkan dengan berbagai macam QR Code dalam satu merchant, karena dengan QRIS, cukup satu QR Code untuk semua.

Apa saja model pembayaran yang bisa dilakukan dengan QRIS
Menggunakan QRIS bisa melalui 2 metode, yaitu Merchant Presented Mode dan Customer Presented Mode. Maksudnya apa sih? Maksudnya, QR Code-nya bisa diberikan oleh merchant atau tempat kalian sedang melakukan transaksi, baik itu di tent card yang ada di meja kasir, maupun di alat pemindai QR Code yang disediakan oleh penyedia QR Code, atau dari struk transaksi. Atau… Kalian sendiri yang menunjukkan QR Code pada layar ponsel untuk dapat di-scan oleh alat QR Scanner yang tersedia di tiap lokasi transaksi. Biasanya sih QR Code yang tertera di ponsel kamu itu bisa kalian akses melalui aplikasi penyedia layanan QR Code-nya.

Apa itu Merchant Presented Mode?
Pada Merchant Presented Mode, QRIS akan muncul di pihak merchant yang kemudian akan di-scan oleh pengguna. Jadi, ketika kalian hendak menyelesaikan transaksi di merchant tertentu, kalian akan diberikan atau disodorkan QRIS oleh si kasir dan dengan menggunakan ponsel masing-masing, caranya:
1. Kalian bisa membuka aplikasi pembayaran yang diinginkan,
2. Memilih fitur layanan QR Code scanner, dan voila!
3. Tinggal scan QRIS dari ponsel kalian dan tunggu notifikasi transaksi.

Apa itu Customer Presented Mode?
Kebalikan dari Merchant Presented Mode, metode ini justru kalianlah yang menunjukkan QRIS untuk dapat di-scan oleh kasir menggunakan alat scanner yang disediakan oleh penyedia pembayaran QR Code. Caranya? Gampang!
1. Kalian tinggal buka aplikasi pembayaran yang ingin kalian gunakan,
2. Pilih fitur layanan QR Code, di beberapa aplikasi lambangnya adalah seperti ini:
(-) ; atau ada juga yang tulisan QR / QR Code
3. Ketika kalian pilih fitur tersebut, akan muncul QR Code di layar ponsel kalian,
4. Lalu kalian bisa menunjukkan QR Code tersebut pada kasir, dan kasir akan langsung scan QR Code tersebut dengan alat scanner yang tersedia

Bagaimana proses transaksi menggunakan aplikasi pembayaran dengan QRIS?
Proses transaksi tidak banyak berubah dari sebelumnya, dengan 1 QRIS yang sama, customer dapat memilih dan membuka aplikasi pembayaran (yang sudah terdaftar atau terstandarisasi QRIS) untuk dapat digunakan, melakukan pemindaian (melalui metode MPM dan CPM), melakukan pengecekan dengan menyamakan NMID atau keterangan nama merchant dan penyedia layanan pembayaran QR Code yang tertera di ponsel kalian dengan NMID yang terdapat pada QRIS, kemudian melakukan verifikasi pembayaran dan tunggu pemberitahuan transaksi berhasil.

Apakah keuntungan yang didapat oleh konsumen ketika menggunakan QRIS?
Kalian sebagai konsumen bisa lebih fleksibel dalam memilih aplikasi pembayaran dengan QR code ketika melakukan transaksi. Bayangkan, konsumen yang tadinya dihadapkan dengan QR code dari berbagai penyedia aplikasi sebelum melakukan transaksi pembayaran, sekarang hanya dihadapkan dengan satu QR code yaitu QRIS, tentunya jauh lebih fleksibel kan!

Apakah keuntungan yang didapat oleh merchant ketika menggunakan QRIS?
Dengan terintegrasinya QR code menjadi Satu QRIS untuk semua, maka proses transaksi menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat memangkas waktu antrean.

Berlangganan via Email