Akun Prakerja dan Cara Daftar Akun Prakerja

Prakerja - Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.
Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju.
Akun Prakerja dan Cara Daftar Akun Prakerja

Bagaimana cara Daftar Akun
Daftar akun Kartu Prakerja itu sangat mudah. Kamu bisa pakai email kamu yang aktif. Berikut panduannya:

Masukkan nama lengkap kamu, email dan password, Klik Daftar.

Kamu akan menerima notifikasi.

Selanjutnya buka email kamu, dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

Pendaftaran berhasil. Kamu berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Bagaimana ya cara Login Akun?
Buka laman www.prakerja.go.id.

Klik Login pada Laman Depan

Masukkan email dan password akun kamu. Klik Login.

Berhasil masuk ke akun.

Saya lupa password bagaimana?
Klik Login pada situs Kartu Prakerja.

Klik Lupa Password?

Masukkan alamat email kamu yang telah terdaftar, lalu klik Kirim.

Kamu akan menerima email link verifikasi, klik link tersebut untuk melanjutkan.

Setelah itu, masukkan password baru kamu

Klik Atur Ulang. Kamu telah berhasil merubah password.

Saya tidak menerima Kode Verifikasi atau OTP
Kode Verifikasi atau OTP (One-Time Password) adalah password dinamis yang terdiri dari 4 maupun 6 digit angka unik dan rahasia yang biasanya dikirimkan melalui SMS atau email yang tercantum pada akun Kartu Prakerja kamu. Kode ini berfungsi sebagai alat validasi untuk mencegah adanya tindakan penyalahgunaan akun. Setiap kode yang dikirimkan ini umumnya hanya berlaku selama beberapa menit.

Kamu tidak akan menerima kode OTP apabila nomor telepon atau email yang tercantum pada akun sudah tidak digunakan atau sudah tidak aktif. Untuk itu, kamu harus pastikan bahwa nomor telepon maupun email yang terdaftar pada akun kamu sudah sesuai dengan yang digunakan saat ini.

Apabila nomor telepon dan email yang kamu gunakan saat ini masih aktif namun kamu tidak menerima kode OTP, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id

Akun saya diblokir
Manajemen Pelaksana sebagai pengelola situs Kartu Prakerja berhak memblokir akun pengguna yang melanggar Syarat dan Ketentuan. Pastikan bahwa kamu telah membaca, mengerti, memahami, dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan.

Apabila kamu merasa tidak melakukan pelanggaran yang ada di bagian Syarat dan Ketentuan Kartu Prakerja namun akun kamu diblokir, silakan hubungi kami di info@prakerja.go.id

Saya ingin ubah nama akun
Akun Kartu Prakerja kamu harus sesuai dengan nama yang ada di Kartu Tanda Penduduk kamu, dan tidak dapat diubah.

Saya ingin ubah password
Password merupakan hal penting saat kamu ingin login ke akun Kartu Prakerja. Apabila kamu merasa passwordmu mudah ditebak atau sudah tidak aman, kamu dapat melakukan perubahan password secara berkala.

➤ Apabila kamu ingin mengubah password, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

➤ Login atau Masuk ke akun Kartu Prakerja kamu

➤ Lalu pilih Profil, lalu klik Ubah password / Password

➤ Masukkan password lama, lalu masukkan password baru. Lalu klik Ubah / Atur Ulang.

➤ Tolong diingat bahwa password merupakan hal rahasia. Karenanya, jangan memberikan atau menyebarkan password akunmu kepada pihak lain.

Akun saya disalahgunakan orang lain
Apabila kamu merasa ada orang lain yang menggunakan akun kamu atau ada perubahan password tanpa sepengetahuan kamu, segera ubah password di halaman Profil kamu.

➤ Apabila terdapat perubahan password tanpa sepengetahuan kamu sebagai pemilik akun, silakan klik tombol Lupa password? yang ada di bagian masuk/login.

➤ Apabila kamu tetap tidak bisa mengakses akun Kartu Prakerja kamu, silakan klik Hubungi Kami di bawah ini.

➤ Saat mengganti password, jangan pernah membagikan link verifikasi atau kode verifikasi/OTP atau password-mu kepada orang lain untuk menghindari kebocoran akun.

Bagaimana untuk jaga keamanan akun
Untuk mencegah penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pastikan kamu memahami panduan keamanan berikut:

  • Kode one-time password (OTP) atau kode verifikasi adalah informasi rahasia, jangan bagikan kode tersebut ke pihak manapun termasuk ke pihak yang mengaku karyawan Manajemen Pelaksana atau Pemerintah.
  • Jangan mudah percaya pada pihak yang mengaku sebagai karyawan Manajemen Pelaksana atau Pemerintah, dan jangan memberitahukan data pribadi atau mentransfer sejumlah dana ke pihak tersebut.
  • Waspadalah apabila kamu diminta untuk mengakses sebuah link oleh pihak lain. Jangan mengakses link yang mengharuskan kamu untuk memberikan nama akun dan password.
  • Ganti password akun Kartu Prakerja dan akun email pribadi kamu secara berkala dan jangan menggunakan password yang sama.
  • Semua informasi akan dipublikasikan melalui kanal resmi Kartu Prakerja, yaitu di website www.prakerja.go.id, email dengan domain @prakerja.go.id, atau lewat media sosial resmi Kartu Prakerja.
  • Kenali akun resmi Kartu Prakerja dengan baik.