Midwifery adalah

Midwifery, atau kebidanan, adalah ilmu yang mempelajari seni dan keilmuan untuk mempersiapkan kehamilan, membantu persalinan, nifas, dan menyusui. Bidan, atau midwife, adalah seorang tenaga kesehatan terlatih yang secara khusus menangani kehamilan, persalinan, dan keadaan setelah melahirkan. Bidan juga memberikan pelayanan paramedis yang berhubungan dengan organ reproduksi.


Kebidanan (midwifery) merupakan ilmu yang terbentuk dari sintesa berbagai disiplin ilmu (multi disiplin) yang terkait dengan pelayanan kebidanan meliputi ilmu kedokteran, ilmu keperawatan, ilmu perilaku, ilmu sosial budaya, ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu manajemen untuk dapat memberikan pelayanan kepada ibu dalam masa pra konsepsi, hamil, bersalin, post partum, bayi baru lahir (Lestari, 2014:34).

Masalah Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyita perhatian dunia. Hal ini disebabkan karena Angka Kematian Ibu (AKI) maupun Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan salah satu indikator yang digunakan untuk melihat derajat kesehatan dunia.

Terdapat berbagai komponen yang berpengaruh terhadap proses kematian ibu. Yang paling dekat dengan kematian dan kesakitan ibu adalah kehamilan, persalinan, atau komplikasinya, dan masa nifas. Karena seorang wanita harus hamil atau bersalin terlebih dahulu sebelum dapat digolongkan dalam kematian ibu (Saifudin, 2009:284).

Pelayanan kebidanan meliputi pelayanan pada ibu hamil, bersalin, nifas, neonatus dan KB. Seorang wanita yang telah melahirkan harus mendapatkan pelayanan kontrasepsi untuk menunda/merencakan dan mengakhiri kehamilan dikarenakan sebagai berikut: jarak yang aman untuk persalinan adalah 2-4 tahun, kesuburan seorang wanita akan terus berlangsung sampai mati haid, umur yang terbaik
untuk hamil adalah 20-35 tahun dan persalinan pertama dan kedua paling
rendah resikonya (Saifuddin, 2006:147).