Imigran Laos Pengidap Kanker Menangi Lotere Jackpot AS Sebesar Rp21 Triliun

MASBABAL.COM - Pemenang lotere jackpot bersejarah Powerball Amerika Serikat senilai US$1,3 miliar atau lebih dari Rp21 triliun, terungkap sebagai seorang imigran dari Laos yang sedang berjuang melawan kanker dan menjalani perawatan kemoterapi terbarunya minggu lalu.

Cheng “Charlie” Saephan, 46 tahun, dari Portland, yang telah menderita kanker selama delapan tahun, mengatakan dia dan istrinya, Duanpen Saephan, 37 tahun, akan membagi hadiah secara merata dengan seorang teman yang menyumbang US$100 untuk membeli beberapa tiket bersama mereka.

Mereka menerima pembayaran sekaligus — US$422 juta atau sekitar Rp6,8 triliun setelah pajak.

Imigran Laos Pengidap Kanker Menangi Lotere Jackpot AS Sebesar Rp21 Triliun
Imigran Laos Pengidap Kanker Menangi Lotere Jackpot AS Sebesar Rp21 Triliun

“Saya bersyukur atas lotere ini dan betapa saya telah diberkati,” katanya pada konferensi pers pada Senin yang diadakan oleh Oregon Lottery, seraya menambahkan bahwa “hidupnya telah berubah.”

“Saya akan mampu menafkahi keluarga dan kesehatan saya… Saya akan menemukan dokter yang baik untuk diri saya sendiri.”

Dia mengatakan bahwa sebagai pasien kanker, dia bertanya-tanya, “Bagaimana saya bisa punya waktu untuk menghabiskan semua uang ini? Berapa lama saya akan hidup?”

Setelah mereka membeli tiket bersama Laiza Chao, 55 tahun, dari Milwaukie, Chao mengirimkan foto mereka ke Saephan dan berkata, “Kami adalah miliarder.”

Itu hanya lelucon sebelum foto sebenarnya digambar, katanya, tapi keesokan harinya menjadi kenyataan. Menurut Saephan, dia menelepon Chao untuk menceritakan berita yang mengubah hidupnya. Setelah mengetahui dia memegang tiket kemenangan, dia meneleponnya untuk berbagi berita.

“Saya berkata, 'Laiza, kamu di mana?' dan dia berkata, 'Saya akan bekerja,'” kata Saephan. “Saya menjawab, 'Kamu tidak perlu pergi lagi.'”

Menurut KOIN, Saephan juga mengatakan kepada wartawan bahwa dia berencana membeli rumah untuk keluarganya di Oregon terlebih dahulu. Dia juga mengatakan dia kemungkinan akan terus bermain lotere setelah kemenangannya.

“Saya mungkin beruntung lagi,” katanya. “Saya akan terus bermain.”

Tiket tunggal, yang cocok dengan keenam nomor yang ditarik untuk memenangkan jackpot, dijual di toko swalayan Plaid Pantry di lingkungan Portland pada awal April. Ini mengakhiri rekor tanpa kemenangan yang telah berlangsung lebih dari tiga bulan.

“Ini adalah kemenangan jackpot yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk Lotere Oregon,” Direktur Lotere Oregon Mike Wells mengatakan dalam sebuah pernyataan sebelum langkah-langkah keamanan diambil dan pemenangnya diumumkan.

“Kami melakukan segala tindakan pencegahan untuk memverifikasi pemenang sebelum memberikan hadiah uang.”

Hingga pengundian terakhir, belum ada yang memenangkan hadiah utama Powerball sejak Hari Tahun Baru, sebanyak 41 pengundian berturut-turut tanpa pemenang jackpot — menyamakan kedudukan beruntun dua kali sebelumnya pada 2022 dan 2021.

Pengundian tersebut juga tertunda lebih dari tiga jam setelah lotere yang berpartisipasi membutuhkan “waktu tambahan untuk menyelesaikan prosedur pra-pengundian yang diperlukan.”

“Peraturan permainan Powerball mengharuskan setiap tiket yang dijual secara nasional diperiksa dan diverifikasi pada dua sistem komputer berbeda sebelum nomor pemenang diambil,” kata pejabat Powerball pada saat itu.

“Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap tiket yang terjual pada pengundian Powerball telah dipertanggungjawabkan dan memiliki peluang yang sama untuk menang. Malam ini, kami memiliki satu yurisdiksi yang memerlukan waktu ekstra untuk menyelesaikan proses pra-pengundian tersebut.”

Jackpot ini memiliki nilai tunai sebesar US$621 juta sebelum pajak jika pemenang memilih untuk mengambil sekaligus daripada anuitas yang dibayarkan selama 30 tahun, dengan pembayaran langsung diikuti dengan 29 kali angsuran tahunan.

Hadiah tersebut dikenakan pajak federal dan pajak negara bagian di Oregon.

Hadiah US$1,3 miliar adalah jackpot Powerball terbesar keempat dalam sejarah, dan terbesar kedelapan di antara permainan jackpot AS, menurut Oregon Lottery.

Jackpot lotere AS terbesar yang dimenangkan adalah US$2,04 miliar di California pada 2022.

Nomor pemenang yang ditarik adalah: 22, 27, 44, 52, 69 dan Powerball merah 9.

Berdasarkan undang-undang Oregon, dengan sedikit pengecualian, pemain lotere tidak bisa tetap anonim. Pemenang memiliki waktu satu tahun untuk mengklaim hadiah utama.