Kapan 1 Rajab 2024 Akan Jatuh pada Tanggal Ini

Malam 1 rajab jatuh pada tanggal berapa, Beberapa hari lagi, umat muslim segera memasuki bulan Rajab. Rajab adalah bulan yang banyak menyimpan kemuliaan, sehingga dianjurkan untuk mengisinya dengan amalan-amalan sunnah.

Rajab merupakan bulan ketujuh dalam penghitungan kalender Islam. Atau dua bulan sebelum bulan Ramadhan.

Berdasarkan hilal, 1 Rajab jatuh pada Sabtu, 13 Januari 2024.

Kemuliaan yang terdapat pada bulan Rajab sudah Allah tetapkan dalam Firman-Nya dalam Al-Qur'an:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram.” (Surat At-Taubah ayat 36).

Sebagai bulan yang memiliki banyak kemuliaan, banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dilansir dari berbagai sumber.

1. Doa memasuki bulan 1 Rajab

doa malam 1 rajab yang tinggal beberapa hari lagi, umat muslim diingatkan untuk berdoa kepada Allah agar diberikan keberkahan. Sebagaimana Rasulullah juga memanjaatkan doa saat memasuki bulan Rajab adalah:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.”

2. Puasa Rajab

niat puasa rajab 2024. Puasa sunnah di bulan Rajab merupakan ibadah yang sangat dianjurkan. Puasa Rajab dapat dilakukan selama beberapa hari. Dan tidak ada ketentuan waktu tepat dalam menjalankannya.

Namun, umat Islam bisa melaksanakan puasa Rajab dengan memakai ketentuan hari-hari utama pada tiap bulan atau setiap pekan.

Seperti pada Senin, Kamis dan Ayyamul bidh 13, 14, dan 15. Atau tepatnya 25, 26, 27 Januari 2024.

Sebelum menjalankannya, jangan lupa untuk melafalkan niat puasa Rajab sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah Rajab esok hari karena Allah SWT”.

3. Sholat Rajab

Selain puasa Rajab, amalan utama lainnya adalah melaksanakan sholat Rajab.

Berdasarkan Imam Ghazali, seorang yang berpuasa di hari Kamis bulan Rajab dan melaksanakan sholat sunnah sebanyak 12 rakaat di antara waktu sholat Isya dan sepertiga malam, maka permohonannya akan dikabulkan.

Tata cara melakukan sholat 12 rakaat di bulan Rajab ini seperti sholat sunah pada umumnya. Dilaksanakan dua rakaat dengan satu kali salam.

Setiap rakaat setelah membaca surat Al-Fatihah, disunahkan membaca surat Al-Qadar sebanyak 3 kali dan Al-Ikhlas sebanyak 12 kali.

Usai sholat, dianjurkan membaca shalawat sebanyak 70 kali. Kemudian sujud dengan membaca subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70 kali.

Setelah selesai sujud, duduk sejenak dengan membaca rabbighfir warham wa tajawaz ‘amma ta’lam innaka antal a’azzul akram sebanyak 70 kali.

Kemudian kembali sujud dengan membaca subbuhun quddusun rabbul malaikati war ruh sebanyak 70 kali.

4. Bersedekah 1 Rajab

Melakukan sedekah di bulan Rajab akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Sebagaiamana sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagian pendapat, umur burung gagak mencapai lima ratus tahun