Jadwal Sekolah SD SMP SMA Sederajat Tahun Ajaran 2023-2024

Tanggal hari pertama masuk sekolah tingkat SD hingga SMA sederajat jatuh pada tanggal 17 Juli 2023. Hari pertama masuk sekolah ini juga bersamaan dengan kegiatan MPLS, yaitu pada tanggal 17-20 Juli 2023

Permulaan tahun pelajaran dimulai hari Senin tanggal 17 Juli 2023. Hari pertama belajar dimulai secara serentak semua Provnsi mulai dari jenjang PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/ SMK dan SLB. Akhir tahun pelajaran adalah hari Jum’at tanggal 23 Juni 2023.

Jadwal Sekolah SD SMP SMA Sederajat Tahun Ajaran 2023-2024

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

Hari pertama belajar bagi siswa Kelas I, VII, dan X diisi dengan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah/Madrasah atau orientasi. Bagi siswa Kelas II, III, IV, V, VI SD/MI; kelas VIII, IX SMP/MTs; kelas XI, XII SMA/MA/ SMK dan Kelas I s.d XII bagi SLB diisi dengan kegiatan efektif belajar.

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah/Madrasah dilaksanakan mulai tanggal 17 s.d 18 Juli 2023. Kegiatan tersebut tidak boleh bersifat perundungan atau menjurus ke arah perpeloncoan.

Pada bulan Ramadhan diisi dengan kegiatan Pembelajaran dan/atau dapat diisi dengan kegiatan Keagamaan.

Pada awal Tahun Pelajaran Kepala Sekolah/Madrasah berkewajiban membuat program yang mencakup:
a. Program Kerja Tahunan Sekolah/Madrasah;
b. Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah/Madrasah (RKAS/M);
c. Program Supervisi Kelas.

Pada permulaan semester, guru berkewajiban membuat program yang mencakup Program Semester, Penyusunan Silabus atau Alur Tujuan Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau Modul Ajar, Program Penilaian atau Asesmen, Kokurikuler atau Modul Projek, Ekstra kurikuler dan Administrasi Kelas lainnya sesuai kurikulum yang dilaksanakan pada Sekolah/Madrasah.

Ulangan Umum atau Asesmen Sumatif Semester I (ganjil) bagi SD, SMP, SMA/SMK dan SLB dilaksanakan mulai pada tanggal 4 sampai dengan 16 Desember 2023 dan Ulangan Umum atau Asesmen Sumatif Semester I (ganjil) bagi MI, MTs, dan MA dilaksanakan mulai pada tanggal 27 November sampai dengan 9 Desember 2023.

Ulangan Umum atau Asesmen Sumatif Semester II (genap) bagi SD, (Kelas I s.d V), SMP (Kelas VII, VIII), SMA/SMK (Kelas X dan XI) dan kelas I s.d XII bagi SLB dilaksanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 15 Juni 2024 dan Umum atau Asesmen Sumatif Semester II (genap) bagi MI, MTs, dan MA dilaksanakan mulai pada tanggal 27 Mai sampai dengan 8 Juni 2024.

Penyerahan Buku Rapor/Kartu Laporan Pribadi/Buku Penilaian Hasil Belajar PAUD, TK/RA, SD/MI/Paket A , SMP/MTs/Paket B, SMA/MA/SMK/Paket C dan SLB dilaksanakan:
  1. Semester I (ganjil), Hari Jum’at tanggal 22 Desember 2023 untuk 5 (lima) hari kerja;
  2. Semester I (ganjil), Hari Sabtu tanggal 23 Desember 2023 untuk 6 (enam) hari kerja;
  3. Semester II (genap), Hari Jum’at tanggal 21 Juni 2024 untuk 5 (lima) hari kerja;
  4. Semester II (genap), Hari Sabtu tanggal 22 Juni 2024 untuk 6 (enam) hari kerja.