Pengumuman SPAN-PTKIN 2023 Hari Ini Pukul 10.00 WIB, Cek di pengumuman-span.ptkin.ac.id

SPAN-PTKIN 2023 - Pengumuman hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau span-ptkin 2023, akan diumumkan hari ini, Senin (3/4/2023) pukul 10.00 WIB.

Ketua Panitia SPAN-PTKIN 2023 yang juga Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Imam Taufiq mengatakan seleksi SPAN-PTKIN 2023 diikuti 176.413 siswa.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.


“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN," ujar Imam Taufiq di Semarang, Minggu (2/4/2023), dikutip dari laman Kemenag.

Beasiswa yang dimaksud Taufiq di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya.

Diketahui, SPAN PTKIN 2023 adalah seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu.

Seleksi tersebut diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

Jalur SPAN PTKIN ini dilakukan berdasarkan penjaringan prestasi akademik siswa dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis.

Cara Cek Pengumuman SPAN-PTKIN

Berikut cara cek pengumuman SPAN-PTKIN 2023.

Akses laman https://pengumuman-span.ptkin.ac.id/

Masukan nomor NISN siswa.

Setelah itu, hasil seleksi akan terlihat di halaman utama

Imam Taufiq menambahkan, setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” ujarnya.

Nantinya, seleksi UM-PTKIN akan dilakukan ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di masing-masing PTKIN. Link pendaftaran UM-PTKIN bisa diakses di https://um.ptkin.ac.id/.