Bupati Wonogiri Bagikan Ratusan Motor Dinas dengan Menghabiskan anggaran 9,4 miliar Rupiah

Sebanyak 294 Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Wonogiri kini memiliki kendaraan dinas roda dua baru.

Kendaraan dinas roda dua baru dengan anggaran mencapai Rp9,408 miliar itu diserahkan langsung oleh Bupati Wonogiri Joko Sutopo, kepada Kepala Desa dan Lurah, di Pendapa Rumah Dinas Bupati pada Senin (3/4/2023).

Bupati Wonogiri Joko Sutopo memberikan kendaraan dinas berupa 294 sepeda motor baru untuk seluruh Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Wonogiri.

Sebanyak 251 motor Yamaha Nmax dibagikan untuk Kepala Desa, sedangkan 43 motor untuk Lurah.

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo membagi ratusan motor di Pendoro Rumah Dinas Jabatan Bupati pada Senin (3/4/2023).

Total anggaran yang digunakan untuk membeli motor ini mencapai Rp 9,4 miliar.

Saat memberikan sambutan, Bupati Wonogiri Joko Sutopo beralasan pemberian kendaraan dinas motor baru untuk memperkuat kerja dan kinerja seluruh Kades dan Lurah di Kabupaten Wonogiri.

Bupati Wonogiri beralasan pemilihan motor seharga Rp 25 juta ini disesuaikan dengan kondisi wilayah geografis Kabupaten Wonogiri terdiri dari perbukitan.

Bupati Joko Sutopo menjelaskan bahwa sepeda motor baru tersebut akan sangat membantu dalam menunjang pelaksanaan program dan kegiatan Pemerintah Desa dan Kelurahan.

Selain itu Bupati Joko Sutopo menjelaskan dan menekankan bahwa penggunaan sepeda motor baru tersebut harus dapat meningkatkan kinerja dan pelaksanaan pemerintahan.

“Sebagai kepala desa, tanggung jawabnya 24 jam. Oleh karena itu, penggunaan kendaraan dinas harus dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pekerjaan dan kinerja," kata Joko Sutopo.

Tidak hanya itu, Bupati juga meminta kepada para penerima sepeda motor untuk tidak menyalahgunakan kendaraan dinas berplat merah tersebut.

Bupati Joko Sutopo menegaskan bahwa pihaknya tidak segan memberikan sanksi tegas sesuai aturan, jika penggunaannya disalahgunakan.

Selain itu, sepeda motor juga tidak boleh dipinjamkan ke pihak lain untuk urusan apapun kecuali urusan dinas.

“Sangat penting bagi kita untuk menjaga penggunaan kendaraan dinas dengan baik dan tidak menyalahgunakannya. Mari kita sama-sama memastikan agar sepeda motor tersebut dapat digunakan dengan benar dan sesuai dengan aturan," katanya.

Adapun alasan dari pengadaan tersebut Bupati Joko Sutopo menganggap pemberian kendaraan dinas baru tersebut sangat layak.

Pasalnya, kendaraan dinas sebelumnya sudah berusia 12 tahun dan layak dipensiunkan.

Bupati Joko Sutopo menambahkan bahwa jenis kendaraan yang diberikan telah disesuaikan dengan usulan dari para kepala desa.

“Mereka meminta sepeda motor jenis matic, dan kami telah memenuhi permintaan tersebut. Kami juga mempertimbangkan geografi Wonogiri yang kebanyakan berupa perbukitan dan pegunungan dalam memilih merek dan warna sepeda motor yang tepat," tambahnya.

Diharapkan dengan pemberian kendaraan dinas baru ini, pelaksanaan program dan kegiatan Pemerintah Desa dan Kelurahan di Kabupaten Wonogiri dapat berjalan lebih baik dan efisien