Segera Cek - Link Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2022

Pengumuman hasil selski kompetensi PPPK Guru 2022 dijadwalkan rilis pada Februari 2023. Berdasarkan jadwal yang diterbitkan di website PPPK Guru Kemdikbud, pelamar bisa melihat status kelulusannya pada 2-3 Februari 2023

Sebelumnya, seleksi PPPK Guru 2022 sudah menyelesaikan tahap tes kompetensi untuk pelamar prioritas 2, prioritas 3, dan pelamar umum pada 16-21 Januari 2023.

Selanjutnya, panitia seleksi PPPK Guru 2022 akan mengolah hasil tes kompetensi pelamar hingga 1 Februari 2023, dilanjutkan dengan pengumuman.

Pemerintah membuka lebih dari 970.000 formasi untuk merekrut tenaga guru secara nasional pada seleksi PPPK Guru 2022.

Menurut Dirjen GTK Kemendikbud, jumlah tersebut sudah termasuk formasi yang tersisa pada rekrutmen tahun 2021. Rangkaian rekrutmen sudah berlangsung sejak akhir Oktober 2022. Seleksi ini menargetkan para pelamar yang belum lolos PPPK 2021, guru honorer, eks THK II, dan pelamar umum.

Link Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2022

Pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK Guru 2022 bisa dicek secara online. Berdasakan petunjuk teknis (juknis) seleksi PPPK Guru 2022 yang diterbitkan oleh Kemendikbud, pengumuman akan dirlis oleh dua pihak, yaitu panitia seleksi instansi daerah dan panitia seleksi PPPK Guru 2022.

Pengumuman hasil seleksi kompetensi oleh panitia PPPK Guru 2022 dirilis di dua website yang bisa diakses melalui link berikut: 

  • https://gurupppk.kemdikbud.go.id
  • https://sscasn.bkn.go.id/

Pengumuman hasil seleksi kompetensi di laman PPPK Guru Kemdikbud dapat dilihat di menu "Pengumuman" yang ada di halaman awal.

Sementara itu, pengumuman hasil seleksi kompetensi di laman SSCASN bisa diakses dengan cara login ke akun masing-masing. Pelamar juga bisa memantau kanal informasi seperti website maupun media sosial instansi daerah untuk melihat status kelulusan PPPK Guru 2022.

Mekanisme Sanggah PPPK Guru 2022

Bagi pelamar PPPK Guru 2022 yang dinyatakan tidak lulus seleksi kompetensi dapat mengajukan sanggah. Berdasarkan Keputusan Mendikbudristek Nomor 349/P/2022, sanggah dapat diajukan paling lama 3 hari setelah pengumuman hasil seleksi kompetensi. Perlu diketahui bahwa panitia seleksi dapat menerima maupun menolak sanggah yang diajukan pelamar.

Sanggah hanya bisa diterima apabila terbukti kesalahan yang memengaruhi hasil seleksi bukan berasal dari pelamar. Sanggah nantinya dapat dilakukan secara online dengan mengisi formulir sanggah yang terdapat di akun SSCASN masing-masing pelamar. Sesuai dengan panduan dari SSCASN, berikut mekanisme sanggah PPPK Guru 2022:

1. Pelamar melakukan login di laman sscasn.bkn.go.id

2. Pelamar mengisi formulir sanggah dengan menjabarkan kronologinya

3. Pelamar bisa menyertakan bukti sanggah untuk memperkuat pernyataan sanggah;

4. Pelamar mengirimkan sanggahan;

5. Panitia akan melakukan jawab sanggah dalam 7 hari kalender kerja;

6. Panitia merilis pengumuman pasca-sanggah.

Baca selengkapnya di artikel "Kapan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2022 & Link?", https://tirto.id/gBrG