Tips agar lulus validasi Aksi Nyata Untuk Mendapatkan Sertifikat Pelatihan Mandiri

Bagi Anda yang telah menyelesaikan satu topik Pelatihan Mandiri hingga Aksi nyata yang telah dinyatakan lulus validasi, berhak mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri yang memuat nilai sekitar 30 JP.

Perlu diketahui, perhitungan angka kredit yang didapat dari sertifikat Pelatihan Mandiri tidak mengikuti aturan pelatihan luring, yaitu satu hari 8 JP.

Pelatihan Mandiri adalah pelatihan daring yang dilakukan secara mandiri, dengan waktu dan tempat yang dapat disesuaikan oleh masing-masing guru. Sehingga, angka kredit yang diterima dari sertifikat Pelatihan Mandiri sedikit berbeda dari pelatihan luring yang selama ini dilakukan para guru.

Alur untuk mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri:

1. Kerjakan satu topik Pelatihan Mandiri mulai dari mempelajari materi modul, mengerjakan post test dengan hasil penguasaan pemahaman sangat baik, hingga mengunggah Aksi Nyata. 

2. Aksi Nyata akan divalidasi oleh tim platform Merdeka Mengajar. Silakan pantau hasil validasi secara mandiri melalui status sertifikat pada halaman Topik Pelatihan Mandiri. 

3. Anda akan menerima hasil validasi Aksi Nyata:
  • Jika Aksi Nyata Anda dinyatakan lulus validasi, Anda bisa mendapatkan sertifikat Pelatihan Mandiri. Sertifikat berupa e-certificate yang bisa diunduh langsung dari halaman Pelatihan Mandiri.
  • Jika Aksi Nyata Anda tidak lulus validasi, jangan khawatir karena Anda dapat merevisi Aksi Nyata Anda dan mengunggah kembali ke platform Merdeka Mengajar untuk divalidasi.

Tips agar lulus validasi Aksi Nyata Untuk Mendapatkan Sertifikat Pelatihan Mandiri

1. Pastikan Aksi Nyata Anda tidak mengandung unsur plagiarisme atau kemiripan dari sisi laporan, deskripsi, dan refleksi dengan Aksi Nyata milik rekan guru lain. Kerja sama dengan rekan sejawat boleh dilakukan, namun ceritakanlah apa yang Anda lakukan dan tuliskan refleksi pembelajaran secara personal karena merupakan hal yang penting dalam pembelajaran.

2. Pastikan Aksi Nyata Anda sesuai dengan panduan yang tertera pada tiap topik Aksi Nyata yang Anda pilih. Panduan tersebut bisa Anda lihat saat akan memilih topik Aksi Nyata. Klik Baca Rincian, maka panduan akan muncul.

3. Pastikan aktivitas yang dilakukan sesuai dengan topik Aksi Nyata yang dipilih.

4. Pastikan Anda memuat dokumentasi dalam melakukan Aksi Nyata.

5. Menerima minimal satu umpan balik dari objek Aksi Nyata, sesuai dengan Aksi Nyata yang dilakukan dan mencantumkannya di dalam dokumen Aksi Nyata.

Bantu tingkatkan kualitas artikel ini dengan memberikan Like! 

Silakan berikan umpan balik Anda mengenai artikel ini melalui sesi voting di bagian bawah halaman. Umpan balik Anda sangat berarti bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas informasi yang disajikan. 

Cara memberikan umpan balik/vote: 

  • Temukan pertanyaan "Apakah artikel ini membantu?" di bagian bawah halaman ini
  • Klik Sangat Membantu jika Anda merasa puas dengan informasi yang disajikan 

Namun jika Anda belum puas dengan informasi yang disajikan, maka lakukan langkah berikut: 

  • Klik Tidak Membantu 
  • Pilih alasan mengapa belum puas  
  • Klik Kirim Tanggapan