Silabus 8 Kolom Matematika Wajib (Pengembangan Silabus) SMA MA SMK Tahun 2022

Berikut ini kami bagikan Silabus Matematika Wajib SMA MA SMK 8 Kolom Kurikulum 2013 K13 Tahun Pelajaran 2022/2023.

Silabus 8 Kolom Matematika Wajib SMA MA SMK Kurikulum 2013 ini dapat menjadi pedoman guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran Tahun Pelajaran 2022/2023

Pengembangan Silabus 8 Kolom

Silabus 8 Kolom Terbaru terdiri dari Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok, Indikator, Kegiatan Pembelajaran, Penguatan Karakter, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar.

Pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan harus tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, sehingga perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus.

Ilmiah; pengembangan silabus harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

Relevan - cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.

Sistematis - komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

Konsisten - adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem penilaian.

Memadai - cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

Aktual dan Kontekstual - cakupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutahir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

Fleksibel - keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

Menyeluruh - komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

Komponen-Komponen Silabus 8 Kolom Matematika Wajib SMA MA SMK

Berikut ini adalah beberapa komponen yang harus ada dalam pengembangan silabus.

1. Kompetensi Dasar (KD)

Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran. Mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran harus dengan memperhatikan urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, keterkaitan antara kompetensi inti dengan kompetensi dasar dalam mata pelajaran, dan keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.

2. Materi Pokok

Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari peserta didik sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator  pencapaian belajar. Secara umum  materi pokok memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

3. Indikator

Indikator Pencapaian Kompetensi merupakan perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator digunakan sebagai penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

4. Kegiatan Pembelajaran

Pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Strategi pembelajaran dapat berupa kegiatan  tatap muka dan non tatap muka atau pengalaman belajar.

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik.

5. Penguatan Karakter

RELIGIUS - Mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

NASIONALIS - Menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya

GOTONG ROYONG - Mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu membahu menyelesaikan persoalan bersama

MANDIRI - Tidak bergantung pada orang lain dan mempergunakan tenaga, pikiran, waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi dan cita-cita

INTEGRITAS - Upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan

6. Penilaian

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut dapat berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remidial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan untuk peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.

7. Alokasi Waktu

Alokasi waktu adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kompetensi. Penetapan alokasi waktu dalam pengembangan silabus disesuaikan  dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan materi, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang kompleks dan beragam.

8. Sumber belajar

Sumber belajar adalah rujukan, objek atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Download Silabus 8 Kolom Matematika Wajib SMA MA SMK

Silabus 8 Kolom Matematika Wajib Kelas X SMA MA SMK. Update Proses

Silabus 8 Kolom Matematika Wajib Kelas XI SMA MA SMK. Update Proses

Silabus 8 Kolom Matematika Wajib Kelas XII SMA MA SMK. Update Proses

Demikian Silabus 8 Kolom Matematika Wajib SMA MA SMK Kurikulum 2013 K13 Tahun Pelajaran 2022/2023. Semoga bermanfaat.

Gabung Grup Telegram Untuk Mendapatkan Informasi Menarik Tentang Dunia Pendidikan

Silabus 8 Kolom SMA MA SMK Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2022/2023 lainnya juga dapat di unduh pada tautan berikut.
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Matematika Peminatan SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Fisika SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Kimia SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Biologi SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Sejarah Indonesia SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Sejarah Peminatan SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Ekonomi SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Geografi SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Antropologi SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Sosiologi SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa Indonesia SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa Inggris SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa dan Sastra Indonesia SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa dan Sastra Inggris SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa Arab SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa Perancis SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa Jepang SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Bahasa Mandarin SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Seni Budaya SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom PKn (PPKN) SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Penjasorkes (PJOK) SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom Prakarya SMA MA SMK
  • Unduh - Silabus 8 Kolom TIK (Informatika) SMA MA SMK