Bagaimana Aplikasi Payroll Bekerja di Bisnis Kecil?

Pada saat merintis bisnisnya, seorang pebisnis harus mampu mengelola kesejahteraan karyawannya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan gaji yang sesuai dengan ekspektasi yang sudah disepakati. Pada saat memberi gaji, ada beberapa hal yang harus Anda perhitungkan sebelum akhirnya gaji tersebut bisa diterima oleh karyawan Anda. 

Hal ini membuat seorang pebisnis harus memahami bagaimana cara untuk menggaji karyawannya dan mempelajari tentang payroll. Sistem payroll ini berkenaan dengan perhitungan gaji karyawan yang harus dikuasai oleh seorang HR, namun jika Anda merintis bisnis Anda dari awal, mau tidak mau Anda harus mempelajari dan menguasai payroll ini untuk menggaji karyawan Anda.

Bagaimana Aplikasi Payroll Bekerja di Bisnis Kecil?

Apa itu Payroll?

Payroll dikenal sebagai proses atau skema penggajian karyawan yang dikelola oleh perusahaan sebelum akhirnya gaji tersebut cair pada tanggal tertentu. Salah satu cara menghitung payroll yang efektif adalah dengan cara memperoleh beberapa data yang dibutuhkan, seperti data kehadiran karyawan dan laporan keuangan. Skema payroll juga akan membuat Anda harus menghitung gaji karyawan dengan perhitungan lain, seperti pajak, iuran, tunjangan, bonus, komisi, dan perhitungan lainnya.

Selain itu, ada hal lain yang bisa mempengaruhi gaji karyawan, seperti pendidikan, golongan jabatan, kompetensi, dan masa kerja. Anda bisa menghitung payroll ini dengan  beberapa metode, seperti metode netto, metode gross, dan metode gross up. Metode-metode tersebut bisa diaplikasikan pada berapa lama gaji tersebut diberikan, seperti gaji per hari, per minggu, atau per bulan. 

Penjelasan di atas pasti terdengar membingungkan dan rumit untuk dilakukan secara manual. Itulah mengapa, Anda perlu bantuan pihak ketiga berupa aplikasi payroll yang bisa memudahkan Anda untuk menghitung gaji karyawan Anda. Sistem payroll pada aplikasi payroll dapat menghitung gaji karyawan Anda secara otomatis. 

Kelebihan Aplikasi Payroll Bagi Bisnis Anda

Aplikasi payroll kerap dianggap sebagai solusi untuk menghitung payroll dengan mudah. Vendor dari aplikasi ini menargetkan aplikasi yang dibuat untuk memudahkan pebisnis kecil dalam mengatur gaji karyawan mereka. Aplikasi payroll biasanya dirancang untuk bisa diakses melalui aplikasi yang terpasang di laptop atau bahkan melalui ponsel. Berikut adalah kelebihan lain dari aplikasi payroll yang dapat Anda rasakan dalam mengelola gaji karyawan Anda. 

1. Efisiensi waktu

Berbeda dengan sistem payroll manual yang memakan banyak waktu, penggunaan aplikasi payroll tentu akan membuat waktu yang digunakan lebih sedikit karena semua sudah terbantu dengan teknologi di dalamnya. Aplikasi payroll dapat memudahkan Anda menghitung gaji karyawan, dari mulai pajak, seperti penghasilan tidak kena pajak, potongan gaji karena kehadiran, tunjangan hari raya, dan lain sebagainya. 

2. Menghemat pengeluaran

Aplikasi payroll dapat membantu Anda menghemat pengeluaran Anda untuk merekrut banyak HR untuk bisnis Anda. Dalam merintis sebuah bisnis, hal yang harus diperhatikan adalah pengeluaran Anda. Aplikasi payroll juga dapat memangkas pengeluaran Anda untuk memakai kertas untuk menghitung gaji karyawan secara manual. 

3. Menghindari human error saat menghitung gaji

Aplikasi payroll biasanya telah dilengkapi teknologi yang dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan Anda dalam menghitung gaji karyawan. Hal ini memungkinkan karyawan untuk bisa menerima gajinya dengan bersih tanpa ada kekurangan. 

4. Memperlancar pemberian gaji karyawan

Saat Anda mempercayakan payroll Anda kepada vendor, menghitung gaji karyawan bukanlah menjadi sebuah masalah. Anda tidak perlu meluangkan waktu Anda hanya untuk menghitung gaji karyawan Anda satu persatu secara manual. Dengan aplikasi payroll, gaji karyawan bisa diberikan dengan cepat sesuai dengan tempo yang telah disepakati. Hal ini juga termasuk cara Anda mensejahterakan karyawan Anda.

5. Mudah untuk membuat slip gaji karyawan

Fitur ini biasanya ada di beberapa aplikasi payroll. Fitur ini memudahkan karyawan atau pebisnis dalam membuat slip gaji karyawan untuk kepentingan tertentu, seperti contohnya adalah untuk melaporkan pajak tahunan. Fitur ini bisa memberikan slip gaji dengan bentuk file berupa (.pdf) yang bisa langsung diunduh dan dicetak.   

Itulah beberapa manfaat aplikasi payroll yang dapat memudahkan pebisnis kecil dalam menggaji karyawannya. Selain dapat menghemat waktu, aplikasi payroll juga dapat menghemat pengeluaran pebisnis dalam merekrut terlalu banyak SDM. 

Salah satu aplikasi payroll yang bisa Anda percaya adalah aplikasi Payroll LinovHR. Dengan sistem yang sudah berbasis cloud dan dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan akan membantu Anda dalam perhitungan gaji, BPJS, sampai dengan pajak penghasilan.

Dengan menggunakan aplikasi payroll LinovHR, proses perhitungan gaji bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.