Soal dan Jawaban Uji Kompetensi Guru Literasi dan Numerasi Tahun 2023

UJI KOMPETENSI GURU (LITERASI DAN NUMERASI) SD -SMP - SMA Sederajat.

1. Simpulan yang sesuai denga isi grafik berikut adalah…


A. Tingkat pengangguran di Indonesia dalam lima tahun terakhir menurun.
B. Tingkat pengangguran di Indonesia dalam lima tahun terakhir cenderung meningkat.
C. Jumlah pengangguran di Indonesia antara laki-laki dan perempuan setiap tahunnya adalah sama.
D. Tingkat pengangguran di Indonesia dalam lima tahun terakhir berfluktuasi.
E. Penurunan tingkat pengangguran di Indonesia terjadi drastis pada tahun 2019.

2. Sejarah Huruf Braille

Huruf  Braille adalah huruf yang dibuat khusus untuk para tunanetra. Huruf ini dibuat seperti titik yang timbul, diciptakan oleh Louis Braille. Louis Braille dilahirkan di Coupvray, Prancis, pada tahun 1809. Semula penglihatan Braille normal, tetapi akibat terkena peralatan kuda milik ayahnya membuat sebelah matanya buta di usianya yang masih terbilang dini, 3 tahun. Akibat infeksi pada matanya, Braille akhirnya kehilangan penglihatan di kedua belah matanya.

Pada 1816, Charles Barbier, seorang anggota militer Prancis berpangkat kapten, menemukan suatu metode menulis dengan menggunakan titik dan tanda garis. Metode tersebut biasa digunakan pada peperangan di malam hari. Meskipun sesungguhnya metode penulisan temuan Charles Barbier tersebut terbilang bagus, tetapi sulit untuk dipelajari. Braille menganalisis kekurangan dari metode ciptaan Charles Barbier tersebut. Braille menemukan bahwa pada metode tersebut belum ada tanda baca dan notasi musik, serta memerlukan beratus titik dan garis untuk membuat satu kalimat.

Pada 1821, seorang tentara telah membuktikan bahwa perutusan yang ditulis dengan titik dan tanda sengkang dapat ditekan di atas kertas untuk kegunaan perhubungan ketentaraan pada waktu malam dalam parit pertahanan. Louis Braille memperbaiki sistem ini dan menulis buku berkenaan dengan sistem braille pada 1829 dan 1837.

Meskipun pada permulaannya terdapat halangan oleh mereka yang tidak memahami keperluan orang buta, Louis Braille senantiasa gigih menyebarkan tulisan ciptaannya tersebut. Kegigihan Braille kian bertambah saat ia menjadi guru hingga akhirnya huruf-huruf ciptaan Braille tersebut diterima khalayak ramai yang mengalami nasib sama dengannya. Melalui usaha keras Braille, beribu-ribu orang buta akhirnya dapat membaca. Louis Braille kemudian meninggal dunia tahun 1852 dalam usia 41 tahun karena penyakit tuberculosis.

Demi menyesuaikan kebutuhan para tunanetra, Louis Braille mengadakan uji coba garis dan titik timbul Barbier kepada beberapa kawan tunanetra. Sistem tulisan Braille pertama kali digunakan di ’Institution Nationale des Jeunes Aveugles, Paris, dalam rangka mengajar siswa-siswa tunanetra. Sekarang, para penderita buta menggunakan metode tersebut.
                                                                                                                          https://brainly.co.id/tugas/7592601

Berdasarkan teks di atas, manakah pernyataan yang benar yang sesuai dengan isi teks….
A. Louis Braille memperbaiki sistem ini dan menulis buku berkenaan dengan sistem braille pada 1829 dan 1837.
B. Louis Braille dilahirkan di Coupvray, Perancis, pada tahun 1809.
C. Huruf Braille yang ditemukan Charles Barbie sudah sangat lengkap.
D. Charles Barbie adalah  seorang anggota militer Prancis berpangkat kapten.
E. Braille kehilangan penglihatannya sejak dari lahir akibat dari demam tinggi.

3. The modern mummification process differs from the technique followed by the Egyptians. Embalming dead bodies requires knowledge in different disciplines like pathology, chemistry, anatomy, microbiology and chemistry. A sound knowledge and expertise are needed in advanced fields of cosmetology and restorative art since the procedure demands both times and skills. The embalmer is supposed to follow the standard guidelines on the deceased. The body needs to be properly prepared prior to the embalming process and then the surgical techniques are applied. The process primarily aims at disinfecting the body and then preserving it. Sometimes, families prefer to restore the dead for a certain period in order to pacify their grief and then perform the funeral accordingly. The process of embalming involves preparation of the body, removal of organs, washing, disinfecting, dressing and then casketing. This mummification process requires a couple of days for successful completion. The West has partaken this body preservation method from the Egyptians. Although the techniques are improvised, the motive remains the same.

What does the following paragraph most likely discuss?
A. Preservation process in the west
B. The improvised mummification technique
C. The reasons for embalming dead bodies
D. The Egyptian method of embalming dead bodies
E. Modern mummification process

4. More often than not, disagreements are based not on differences in reasoning, but in the values, assumptions, or information brought to bear. If we believe that all politicians are crooks, we will infer that a specific politician's actions are scurrilous. If we believe that politicians act for the good of all, we will look for some benefit in their actions. Either way, we will try to use reason to explain the actions. We will look for some coherent explanation as a way of making sense of things. As we saw earlier, if we can understand why someone would do something, why someone might say something, why someone might act in a certain way, we feel we have made sense of the act or statement. It's like a murder trial: if we can put together opportunity, motive, and means, we can make a case. The more evidence we have before us, and the more carefully we reason, the more valid out inferences. Our inferences are not based on evidence. This principle is also relevant in reading a text.

The paragraph most likely discusses …. 
A. valid evidence and reasons for reading a text
B. explanation on the principle of reading a text
C. the relevance of the principle in text reading
D. valid principle to infer a reading text
E. differences in reasoning and inferencing

5. 405, 126, 279, 128, 151, 130 …
A. 427
B. 12
C. 249
D. 21
E. 247

6. Setiap anggota grup K adalah anggota grup L. Setiap anggota grup L adalah anggota grup M.
A. Tak mungkin ada anggota grup K yang bukan anggota grup M.
B. Mungkin ada anggota grup K yang bukan anggota grup M.
C. Tak mungkin ada anggota grup M yang merupakan anggota grup K.
D. Tak mungkin ada anggota grup M yang rnerupakan anggota grup L.
E. Mungkin ada anggota grup M yang bukan anggota grup K.

7. Masyarakat Ragukan Kemampuan Indonesia Bangun PLTN
Temuan paparan radioaktif dan radioaktif ilegal di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan membuat masyarakat semakin khawatir akan kemampuan Indonesia yang ingin membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN). Hal itu diungkapkan Ketua Masyarakat Reksa Bumi (Marem), Lilo Sunaryo. Pria asal Jepara ini menilai, masyarakat Jepara semakin resah melihat adanya kegagalan pengawasan limbah radioaktif. Masyarakat Jepara memang sejak lama menolak uji tapak PLTN di daerahnya."Masyarakat Jepara menentang keras agar tidak ada PLTN di Jepara. Masyarakat resah dan tidak percaya lagi Batan bisa menyimpan limbah radioaktif," katanya dalam focus group discussion bertajuk “Kebocoran Radiasi Nuklir di Serpong, Masihkah akan Membangun PLTN di Indonesia?” di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Dalam rencana umum energi nasional, PLTN menjadi opsi terakhir penyediaan energi di Indonesia. Kebijakan bauran energi 23% hingga 2025 mendorong pengoptimalan energi baru terbarukan seperti surya (matahari), panas bumi, angin dan biomassa (salah satunya limbah kelapa sawit). Anggota Dewan Energi Nasional periode 2014-2019, Dwi Hary Soeryadi berpandangan, jika melihat PLTN sebagai opsi terakhir sumber energi, bisa diartikan pemerintah tidak menutup diri dan tetap mengakomodasi PLTN. Ia mengatakan, pemanfaatan energi nuklir yang tidak memperhatikan aspek keselamatan akan menyebabkan bencana. "Kalau semua sumber energi sudah minim dan akan habis, baru opsi nuklir yang dipilih dengan memperhatikan faktor keselamatan ketat. Namun saat ini kita mendahulukan potensi EBT," kata Dwi. Dalam rencana umum energi nasional, siapa yang melakukan apa dan waktu program yang akan dilakukan sudah dibuat. Namun pertimbangan membangun PLTN juga harus melihat beberapa fakta yang terjadi di sejumlah negara. Dwi menjelaskan, sejak dekade 1950-an hingga 2011, lima kecelakaan nuklir besar pernah terjadi dan menyebabkan paparan radiasi tinggi. Bahkan wilayah yang terpapar radiasi berubah menjadi kota mati tanpa penghuni. Masyarakat pun menjadi korban paparan radiasi.

Pada 1957, kecelakaan reaktor nuklir terjadi Windscale Fire, Inggris. Di tahun yang sama terjadi juga kecelakaan di Kyshtym Rusia. Lalu pada 1979 kecelakaan nuklir terjadi di Three Mile Island Amerika Serikat, pada 1986 kecelakaan nuklir terjadi di Chernobyl, Ukraina, dan pada 2011 kecelakaan nuklir terjadi di Fukushima Daiichi.

Sikap negara-negara di dunia yang mengoperasikan dan merencanakan pembangunan PLTN juga berubah seiring sejumlah catatan kecelakaan itu. Jerman secara bertahap menutup PLTN sampai dengan 2022. Prancis menurunkan pasokan listrik dari PLTN, dari 95% pasokan listrik dari PLTN lalu berkurang menjadi 75% pada 2015, dan 50% pada 2030. Korea Selatan juga akan menyetop pembangunan PLTN dan secara bertahap menutup PLTN yang ada sampai dengan tahun 2030. Filipina, Vietnam, dan Thailand juga mempertimbangkan opsi PLTN. Malaysia juga tidak berniat membangun PLTN sampai ada cara aman untuk membuang limbah radioaktifnya. Badan Tenaga Atom Dunia (IAEA) mencatat hingga tahun 2014 ada 435 unit PLTN beroperasi di 31 negara di seluruh dunia.

"Kejadian di Serpong membuat refleksi untuk langkah selanjutnya terhadap PLTN," ucapnya. Dwi menyebut, saat ini Indonesia memiliki tiga reaktor untuk skala riset dan diaplikasikan di bidang kesehatan, pangan, pertanian dan lingkungan, tetapi tidak menghasilkan listrik. Tiga reaktor itu berada di Pusat Penelitian Iptek di Serpong Tangerang Selatan, Bandung, dan Yogyakarta. Aplikasi radioisotop dan radiofarmaka ini terus akan berkembang seiring perkembangan zaman.

https://www.beritasatu.com/nasional/603579/masyarakat-ragukan-kemampuan-indonesia-bangun-pltn

Berdasarkan teks di atas, manakah pernyataan berikut ini yang paling benar….
A. Pertimbangan membangun PLTN tidak perlu  melihat fakta- fakta yang terjadi di sejumlah Negara.
B. Tenaga Nuklir  secara teknis mudah didirikan di daerah mana saja  dan berdampak positif bagi lingkungan kehidupan.
C. Kalau semua sumber energi sudah minim dan akan habis, baru opsi nuklir yang dipilih dengan tanpa memperhatikan faktor keselamatan ketat. .
D. Indonesia memiliki tiga reaktor untuk skala riset dan diaplikasikan di bidang kesehatan, pangan, pertanian dan lingkungan yang berada  di Jakarta  dan menghasilkan listrik.
E. Dalam rencana umum energi nasional, PLTN menjadi opsi terakhir penyediaan energi di Indonesia. Bisa diartikan pemerintah akan tetap mengakomodasi PLTN.

8. Di antara kearifan lokal yang dihasilkan dari pengalaman adaptasi masyarakat dengan lingkungannya adalah adanya konsep hutan larangan. Konsep tersebut merupakan pandangan yang bersumber pada pengetahuan masyarakat dalam upaya pengelolaan lingkungan secara tradisional. Melalui konsep hutan larangan, masyarakat menerapkan norma pengendali sikap, dan perilaku hidup dalam pengelolaan hutan. Hutan dianggap sebagai habitat warisan yang perlu dipertahankan. Oleh karena itu, pada komunitas masyarakat tertentu berkembang kearifan lokal yang ditujukan untuk menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup.

Pernyataan yang paling tepat dengan isi bacaan di atas adalah ....
A. Hutan dianggap sebagai warisan yang perlu dilestarikan
B. Pelestarian hutan dapat dilakukan melalui konsep hutan larangan
C. Konsep hutan larangan merupakan bentuk kearifan lokal
D. Konsep hutan larangan dilakukan secara tradisional oleh masyarakat
E. Konsep hutan larangan merupakan pemikiran untuk menjaga habitat hutan

9. Perhatikan Gambar dibawah ini


A. Perusahaan A
B. Perusahaan B
C. Perusahaan C
D. Perusahaan D
E. Perusahaan E

10. Merawat Jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat vital di dalam tubuh manusia. Karena itu banyak orang yang berusaha untuk selalu menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi nampaknya masih banyak orang yang kurang peduli. Terbukti dari banyaknya korban jiwa akibat penyakit-penyakit yang menyerang jantungnya. Untuk itu penelitian mengenai menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan.

Berbagai penyakit yang menyerang jantung memang masih menjadi masalah besar bagi sebagian orang. Padahal ada banyak cara mudah untuk menjaga kesehatan jantung. Setelah melalui riset yang mendalam, peneliti menemukan beberapa di antaranya.

Menghindari stres karena dapat memicu hormon adrenalin abnormal dan menyebabkan darah tinggi. Menjaga kebersihan, baik kebersihan diri sendiri maupun lingkungan. Mengatur pola makan. Kurangi lemak dan junkfood serta perbanyak memakan sayur dan buah. Olahraga teratur.

Rokok menjadi salah satu penyebab penyakit jantung, pemerintah telah menaikkan harga rokok untuk mengurangi jumlah perokok, harga rokok yang kian melambung menyebabkan daya beli masyarakat melemah, harapan pemerintah banyak pecandu rokok yang akan berhenti merokok.

Menjaga kesehatan jantung memang sangat penting bagi manusia demi mendapat umur yang panjang. Dan ternyata untuk memperoleh jantung yang sehat tidak memerlukan usaha yang terlalu sulit dan bisa dilakukan sehari-hari. Dengan menjaga kesehatan jantung diharapkan semakin sedikit korban yang jatuh akibat penyakit yang menyerang jantung.

https://hot.liputan6.com/read/4933401/contoh-karya-ilmiah-sederhana-tentang-pendidikan-hingga-kesehatan
A. Jantung organ yang vital
B. Rokok penyebab penyakit jantung
C. Menjaga kesehatan jantung
D. Strees penyebab penyakit jantung
E. Korban penyakit jantung

11. -8271, 16542, 24813, -8270, 16540, 24810, -8269 …
A. 16538, 24813
B. 16538, 24807
C. -16542, 24807
D. 16542, 24813
E. 16542, -24807

12. Dalam sebuah acara biro jodoh, terdapat beberapa fakta menarik berikut ini. Ilyas berusia 37 tahun dan berprofesi sebagai pengamat ekonomi. Dia tertarik dengan wanita yang usianya tidak lebih tua dari 30 tahun. Sarah tertarik dengan lelaki selain suku Jawa. Usia Sarah setahun lebih muda dibandingkan Putroe. Putroe tertarik dengan pria Aceh yang usianya di bawahnya. Salman tertarik dengan perempuan kuning langsat yang berprofesi sebagai akuntan. Salman berusia 5 tahun di bawah Sarah. Salman seorang dokter yang berasal dari Papua. Salman tidak tertarik dengan perempuan yang lebih muda dari dirinya. Devi hanya ingin menjadi istri seorang dokter. Usia Devi 3 tahun lebih muda dari usia Putroe. Sedangkan usia Sarah sekarang adalah 31 tahun. 

Siapakah yang hampir tidak berpeluang mendapatkan jodoh?
A. Om Ilyas dan Neng Devi
B. Neng Devi dan Ibu Sarah
C. Tante Putroe dan Om Ilyas
D. Ibu Sarah dan Tante Putroe
E. Bang Salman dan Neng Devi

13. LARANGAN EKSPOR NIKEL BERBUAH GUGATAN
Sengketa antara Indonesia dan Uni Eropa (UE) terkait larangan ekspor bijih nikel di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) membayang-bayangi industri hilirnya di dalam negeri. Asosiasi penambang mengkhawatirkan bahwa cadangan komoditas ini akan semakin tertekan jika pemerintah kembali membuka keran ekspor. Setidaknya ada 31 pabrik di Indonesia yang mengolah bijih nikel menjadi nickel pig iron. Materi ini merupakan salah satu jenis feronikel untuk memproduksi baja tahan karat (stainless steel). Meidy Katrin Lengkey, sekretaris jenderal Asosiasi Penambang Nikel Indonesia (APNI), mengatakan bahwa industri di dalam negeri membutuhkan pasokan sebesar 120 juta ton bijih nikel pada tahun ini. Pada 2026, kebutuhannya diproyeksikan akan melonjak 108,33% ke 250 juta ton.

Meidy mengatakan, bahwa cadangan bijih nikel Indonesia diragukan dapat memenuhi kebutuhan industri domestik, apalagi jika harus memenuhi permintaan dari luar negeri pada saat yang sama. UE juga menuduh pemerintah telah memberikan subsidi kepada industri domestik. WTO berencana untuk menerbitkan laporan finalnya terkait sengketa ini pada triwulan keempat 2022, menurut rencana yang terakhir diumumkan pada November 2021. Pada 2019, sebelum pemerintah menutup keran ekspornya, nilai penjualan bijih nikel ke luar negeri mencapai US$1,09 miliar. Pasar utamanya mengarah ke Tiongkok, Jepang, dan Ukraina. UE sebetulnya tidak mengandalkan Indonesia sebagai pemasok bijih nikel. Namun, segala hambatan ekspor yang diterapkan oleh Indonesia, yang merupakan negara produsen terbesar, bisa memengaruhi harga komoditas ini di pasar internasional. Presiden Joko Widodo baru-baru ini mengatakan bahwa “tidak masalah” jika Indonesia kalah dalam sengketa perdagangan tersebut karena industri hilir nikel “sudah jadi.”

https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/6323d365ba829/larangan-ekspor-nikel-berbuah-gugatan

Pernyataan berikut yang tepat untuk teks di atas adalah:…
A. Teks di atas merupakan teks narasi karena menceritakan permasalahan ekspor biij nikel.
B. Teks di atas merupakan teks argumentasi karena berisi pendapat penulis tentang larangan ekspor bijih nikel ke pasar internasional.
C. Teks di atas merupakan teks eksposisi karena memaparkan tenang permasalahan efek larangan ekspor bijih nikel ke pasaran internasional.
D. Teks di atas merupakan teks persuasi karena mengimbau pemerintah untuk tidak mengekspor bijih nikel ke pasar internasional.
E. Teks di atas merupakan teks deskripsi karena menggambarkan tentang kebutuhan nikel di pasaran domenstik.

14. ABA, ABE, ABI, … , … *
A. ABM, ABQ
B. ABU, ABO
C. ABE, ABZ
D. ABJ, ABG
E. ABD, ABX

15.  Jumlah Pendaftar SNPTN Berdasarkan MJenis Sekolah (2021-2022)

A. Jumlah pendaftar paling banyak terletak pada jenis sekolah MA.
B. Jumlah pendaftar jenis sekolah SMK lebih banyak dibandingkan SMA.
C. Jumlah pendaftar tiap jenis sekolah tahun 2021 sama dengan tahun 2022.
D. Jumlah jenis sekolah yang mendaftar pada tahun 2021 berbeda 2022.
E. Jumlah pendaftar jenis sekolah tahun 2022 lebih banyak dibandingkan tahun 2021

16. Makhluk di Bumi Ini

Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.

Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup, dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernafas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Kera, tumbuh-tumbuhan , ikan , dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu kaca, air, plastic, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.

Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuh-tumbuhan.

Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrate. Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan lain-lain, sedangkan invertebrate tidak bertulang belakang meliputi ubur-ubur, kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu mamalia, burung, amfibia, reptilian dan ikan.

Teks di atas merupakan teks laporan hasil observasi karena struktur dalam teks tersebut tersusun dengan memaparkan….
A. Aspek yang dilaporkan dengan sebuah pernyataan, lalu diikuti oleh pengklasifikasian benda
B. Pernyataan umum atau klasifikasi, kemudian diikuti oleh anggota atau aspek yang dilaporkan.
C. Pengelompokan benda menurut penulis, lalu dituangkan dalam klasifikasi yang mendukung.
D. Benda-benda yang diklasifikasikan umum, lalu diikuti oleh benda-benda yang tidak umum.
E. Pengklasifikasian secara ilmiah dan logis, kemudian dilaporkan sesuai aspek penelitiannya.

17. Seorang pedagang menjual suatu produk dengan harga Rp 10.000/buah dan mendapat keuntungan 150% dari harga belinya. Berapa harga belinya?*
A. Rp. 2500
B. Rp. 3000
C. Rp. 3500
D. Rp. 4000
E. Rp. 4500
F. Tidak untung tapi juga tidak rugi

18. Alligators, which often engage in violent fights over territories and mates, have made scientist puzzled why their wounds rarely get infected. Now researchers think the secret lies in the reptile's blood. Chemists in Louisiana found that blood from the American alligator can successfully destroy 23 strains of bacteria, including strains known to be resistant to antibiotics. In addition, the blood was able to deplete and destroy a significant amount of HIV, the virus that causes AIDS.

Study co-author Lancis Darville at Louisiana State University in Baton Rouge believes that peptides — fragments of proteins — within alligator blood help the animal stop fatal infections. Such peptides are also found in the skin of frogs and toads, as well as komodo, dragons, and crocodiles. The scientists think that these peptides could one day lead to medicines that would provide humans with the same antibiotic protection. 'We are in the process of separating and identifying the specific peptides in alligator blood', said Darville. 'Once we sequence these peptides, we can obtain their chemical structure to potentially create new drugs'.

Study co-author Mark Merchant, a biochemist at Mc Neese State University in Lake Charles, Louisiana, was among the first to notice alligators' unusual resistance. He was intrigued that, despite living in swampy environments where bacteria thrive, alligators that suffered frequent scratches and bruises rarely developed fatal infections. Merchant therefore created human and alligator serum — protein — rich blood plasma that has been able to remove clotting agents, and exposed each of them to 23 strains of bacteria. Human serum destroyed only eight of the bacterial strains while the alligator serum killed all 23. When the alligator was exposed to HIV, the researchers found that a good amount of the virus was destroyed.

The study team thinks that pills and creams containing alligator peptides could be available at level pharmacies within seven to ten years. Such products would be a solution to patients that need extra help preventing infections, such as diabetes patients with foot ulcers, burn victims and people suffering from auto-immune diseases. However, there may be potential problems before alligator - based medicines can reach drugstore shelves. For example, initial test have revealed that higher concentrations of the alligator serum tend to be toxic to human cells.

The followings are what Merchant, the biochemist, experienced EXCEPT that he .... 
A. developed two kinds of serum, each can destroy 23 strains of bacteria
B. learned why alligators can survive in bacterial environments
C. became interested in alligators' resistance to infections
D. created a serum which can remove things that cause clotting
E. found out that crocodiles can decrease infection caused by HIV

19. Rizki seorang siswa SMA yang mendapatkan jajan dari orang tuanya Rp20.000,00 per hari. Dia terkenal sebagai siswa yang hemat di sekolahnya dan tidak pernah meminta orang tuanya untuk membeli barang-barang yang diinginkannya, meskipun yang diinginkannya tergolong mahal untuk ukuran seorang siswa SMA. Kali ini dia ingin membeli sebuah handphone yang berharga Rp3.500.00,00. Untuk itu ia mulai menabung, pada bulan pertama (Januari) ia menyimpan uang sebesar Rp3.000,00 per hari, bulan kedua menyimpan  uang Rp4.000,00 per hari, bulan ketiga menyimpan Rp5.000,00 perhari dan begitu seterusnya sampai 1 tahun.  (anggap 1 bulan = 30 hari dan 1 tahun = 12 bulan).

Besar uang Rizki yang tersimpan pada bulan Desember saja adalah ...*
A. Rp90.000,00
B. Rp120.000,00
C. Rp330.000,00
D. Rp410.000,00
E. Rp420.000,00

20. Alligators, which often engage in violent fights over territories and mates, have made scientist puzzled why their wounds rarely get infected. Now researchers think the secret lies in the reptile's blood. Chemists in Louisiana found that blood from the American alligator can successfully destroy 23 strains of bacteria, including strains known to be resistant to antibiotics. In addition, the blood was able to deplete and destroy a significant amount of HIV, the virus that causes AIDS.

Study co-author Lancis Darville at Louisiana State University in Baton Rouge believes that peptides — fragments of proteins — within alligator blood help the animal stop fatal infections. Such peptides are also found in the skin of frogs and toads, as well as komodo, dragons, and crocodiles. The scientists think that these peptides could one day lead to medicines that would provide humans with the same antibiotic protection. 'We are in the process of separating and identifying the specific peptides in alligator blood', said Darville. 'Once we sequence these peptides, we can obtain their chemical structure to potentially create new drugs'.

Study co-author Mark Merchant, a biochemist at Mc Neese State University in Lake Charles, Louisiana, was among the first to notice alligators' unusual resistance. He was intrigued that, despite living in swampy environments where bacteria thrive, alligators that suffered frequent scratches and bruises rarely developed fatal infections. Merchant therefore created human and alligator serum — protein — rich blood plasma that has been able to remove clotting agents, and exposed each of them to 23 strains of bacteria. Human serum destroyed only eight of the bacterial strains while the alligator serum killed all 23. When the alligator was exposed to HIV, the researchers found that a good amount of the virus was destroyed.

The study team thinks that pills and creams containing alligator peptides could be available at level pharmacies within seven to ten years. Such products would be a solution to patients that need extra help preventing infections, such as diabetes patients with foot ulcers, burn victims and people suffering from auto-immune diseases. However, there may be potential problems before alligator - based medicines can reach drugstore shelves. For example, initial test have revealed that higher concentrations of the alligator serum tend to be toxic to human cells.

The writer concludes his essay by saying that .... *
A. scientist are now searching for a medicine against HIV
B. alligators have contributed a lot to stop human life
C. reptiles have peptides which can be used as serum
D. peptides in the blood are only found in American alligators
E. alligator serum has the possibility to harm human beings

21. The modern mummification process differs from the technique followed by the Egyptians. Embalming dead bodies requires knowledge in different disciplines like pathology, chemistry, anatomy, microbiology and chemistry. A sound knowledge and expertise are needed in advanced fields of cosmetology and restorative art since the procedure demands both times and skills. The embalmer is supposed to follow the standard guidelines on the deceased. The body needs to be properly prepared prior to the embalming process and then the surgical techniques are applied. The process primarily aims at disinfecting the body and then preserving it. Sometimes, families prefer to restore the dead for a certain period in order to pacify their grief and then perform the funeral accordingly. The process of embalming involves preparation of the body, removal of organs, washing, disinfecting, dressing and then casketing. This mummification process requires a couple of days for successful completion. The West has partaken this body preservation method from the Egyptians. Although the techniques are improvised, the motive remains the same.

What is the topic of the paragraph? *
A. Egyptian mummification process
B. Techniques of mummification
C. Modern technique of embalming dead bodies
D. Skills required in mummification
E. The motives of mummification

22. Azril memiliki Rp20.000,00 lebih banyak dari uang Clara. Budi memiliki uang yang jumlahnya 2 kali uang Clara. Sementara uang Santi jumlahnya sama dengan 1/3 uang Clara. Bila uang Clara sebesar Rp60.000,00, berapakah uang mereka berempat?
A. Rp220.000,00
B. Rp250.000,00
C. Rp265.000,00
D. Rp270.000,00
E. Rp280.000,00

23. Humans have a unique affnity for bitter food, like dark chocolate, coffee, and broccoli. Most other animals interpret a bitter taste as a warning to stay away from a non-edible material, but some humans can't get enough of it. According to a new study, people with the greatest affnity for bitter foods may even have more psychopathic and antisocial tendencies.

In the study, 500 participants were asked how much they enjoyed different examples of sweet, sour, salty, and bitter foods. Then, they were asked to take a series of personality assessment quizzes to evaluate their aggression, each ofthe Dark Triad measures (narcissism, psychopathy, and Machiavellianism), everyday sadism (verbal, physical, and vicarious), as well as Big Five personality traits, which include extraversion, agreeableness, conscientiousness, emotional stability, and openness.

The researchers found that people who liked bitter foods were also more likely to score highly in measures of psychopathy, sadism, and aggression. In fact, they write, an affnity for bitter foods was a better predictor of personality than any of the other tastes.

This study adds valuable information to the little-explored question of how personality relates to taste preferences. However, understanding what makes a person like a particular food is a complex knot of biology and psychology, influenced by her sensitivity to tastes and odours as well as past experiences. Moreover, the study doesn't provide any information about what might cause that preference, is it biology or psychology, or both? This information might be even more valuable than the study at hand.

According to the text, which of the following statements is FALSE? 
A. Most creatures do not have a liking for bitter food
B. The study utilized an array of different tests related to human trait
C. Bitter taste is usually a strong indication that something can't be eaten
D. A multidisciplinary research should be able to give a more thorough analysis
E. No other tests explored the relationship between taste preference and personality

24. Dahulu pulau ini dijadikan tempat untuk beternak babi oleh orang-orang Tionghoa. Hingga akhirnya masyarakat Belitung memberikan nama Pulau Babi untuk pulau yang banyak ditumbuhi pohon kelapa di sekelilingnya ini.

Begitu menginjakan kaki di Pulau Babi, suasana ketenangan langsung terasa. Berjalan di atas pasir putih dengan air laut yang jernih dapat memberikan efek kenyamanan tersendiri saat berada di pulau ini.

Batu granit berukuran besar yang banyak terdapat di Pulau Babi juga menjadi daya tarik lain yang bisa dinikmati. Batu granit merupakan batu alam yang sangat bermanfaat. Mendaki bebatuan granit dan menyaksikan pemandangan Pulau Babi dari atas batu menjadi pilihan aktivitas bersantai. Persis di seberang Pulau Babi, dapat terlihat pemandangan hijaunya Pulau Kepayang. Pemandangan yang dapat memanjakan mata.

Ada satu hal menarik ketika berada di Pulau Babi. Pulau Babi terlihat begitu menjorok panjang hingga ke tengah laut sehingga bagi pengunjung yang datang ke sini, dapat berjalan hingga ke tengah laut dan menikmati air laut yang jernih dan tenang.

Judul yang tepat untuk teks di atas adalah:…
A. Pulau Babi
B. Sejarah Pulau Babi
C. Keadaan Pulau Babi
D. Letak Pulau Babi
E. Pesona Alam Pulau Babi

25. Seorang pedagang durian membeli 100 kg jeruk dengan harga seluruhnya Rp600.000. Penjual tersebut menjual 40 kg jeruk dengan harga masing-masing Rp7.000; menjual 52 kg jeruk dengan harga masing-masing Rp6.000; dan sisanya ternyata busuk. Berapakah besarnya kerugian atau keuntungan pedagang tersebut?
A. Untung Rp8.000
B. Untung Rp18.000
C. Rugi Rp8.000
D. Rugi Rp18.000
E. Tidak untung tapi juga tidak rugi

26… , … , QRX, STW, UVV, WXU, YZT
A. UPY, OPQ
B. MNA, PQR
C. MNZ, OPY
D. MNR, OPS
E. PQZ, QRY

27. Bacalah penggalan novel berikut dengan saksama!

Alif lahir di pinggir Danau Maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar ranah Minangkabau. Alif dari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi B.J Habibie, maka dari itu selepas tamat SMP Alif sudah berencana melanjutkan sekolah Ke SMU negeri di Padang yang akan memuluskan langkahnya untuk kuliah dijurusan yang sesuai. Namun, Amak menginginkan Alif jadi penerus Buya Hamka, membuat mimpi Alif kandas.

Alif diberi pilihan sekolah di sekolah agama atau mondok di pesantren. Sempat marah tapi akhirnya Alif ikhlas karena alif tidak ingin mengecewakan harapan orang tua khususnya ibu, alif pun menjalankan keinginan ibunya dan masuk pondok. Atas saran dari pamannya dikairo alif kecil pun memutuskan untuk melanjutkan sekolah di pondok yang ada di Jawa Timur : PONDOK MADANI. Walaupun awalnya amak berat dengan keputusan Alif yang memilih pondok di Jawa bukan yang ada di dekat rumah mereka dengan pertimbangan Alif belum pernah menginjak tanah diluar ranah minang , namun akhirnya ibunya merestui keinginan Alif itu.

Awalnya Alif setengah hati menjalani pendidikan dipondok karena dia harus merelakan cita-citanya yang ingin kuliah di ITB dan menjadi seperti Habibie. Namun kaliamat bahasa Arab yang didengar Alif dihari pertama di PM (pondok madani )mampu mengubah pandangan alif tentang melanjutkan pendidikan di Pesantren sama baiknya dengan sekolah umum. " mantera" sakti yang diberikan kiai Rais (pimpinan pondok ) man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh pasti berhasil. Dan Alif pun mulai menjalani hari-hari dipondok dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

Di PM Alif berteman dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan si jenius Baso dari Gowa, Sulawesi. Ternyata kehidupan di PM tidak semudah dan sesantai menjalani sekolah biasa. Hari-hari Alif dipenuhi kegiatan hapalan Al-Qur'an, belajar siang-malam, harus belajar berbicara bahasa Arab dan Inggris di 6 Bulan pertama. Karena PM melarang keras murid-muridnya berbahasa Indonesia, PM mewajibkan semua murid berbahasa Arab dan Inggris. Belum lagi peraturan ketat yang diterapkan PM pada murid yang apabila melakukan sedikit saja kesalahan dan tidak taat peraturan yang berakhir pada hukuman yang tidak dapat dibayangkan sebelumnya. Tahun-tahun pertama Alif dan ke 5 temannya begitu berat karena harus menyesuaikan diri dengan peraturan di PM.

Hal yang paling berat dijalani di PM adalah pada saat ujian, semua murid belajar 24 jam nonstop dan hanya beberapa menit tidur. Mereka benar-benar harus mempersiapkan mental dan fisik yang prima demi menjalani ujian lisan dan tulisan yang biasanya berjalan selama 15 hari. Namun disela rutinitas di PM yang super padat dan ketat. Alif dan ke 5 selalu menyempatkan diri untuk berkumpul dibawah menara mesjid , sambil menatap awan dan memikirkan cita-cita mereka kedepan.

Ditahun kedua dan seterusnya kehidupan Alif dan rekan-rekannya lebih berwarna dan penuh pengalaman menarik. Di PM semua teman, guru, satpam, bahkan kakak kelas adalah keluarga yang harus saling tolong menolong dan membantu. Semua terasa begitu kompak dan bersahabat, sampai pada suatu hari yang tak terduga, Baso , teman alif yang paling pintar dan paling rajin memutuskan keluar dari PM karena permasalahan ekonomi dan keluarga.

Kepergian Baso, membangkitkan semangat Alif, Atang, Dulmajid, Raja dan Said untuk menamatkan PM dan menjadi orang sukses yang mampu mewujudkan cita-cita mereka menginjakkan kaki di benua Eropa dan Amerika. Kini semua mimpi kami berenamtelah menjadi nyata. Kami berenam telah  berada lima Negara yang berbeda, sesuai dengan lukisan dan imajinasi kita di awan. Aku (Alif) berada di Amerika, Raja di Eropa,  sementara Atang di Afrika, Baso berada di Asia, sedangkan Said dan Dulmajid sangat nasionalis mereka di Negara kesatuan Indonesia tercinta.  Di lima menara impian kami. Jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Pendengar.

Man jadda wajadda, *
A. Pandai, sosok generasi muda yang penuh motivasi, bakat, penuh semangat, dan  mudah putus asa
B. Anak yang paling rajin dan paling bersegera disuruh ke masjid
C. Pandai, sosok generasi muda yang penuh motivasi, bakat, penuh semangat, dan tidak mudah putus asa
D. Pandai, sosok generasi muda yang penuh motivasi, bakat, penuh semangat, dan  mudah menyerah
E. Lugu, sosok generasi muda yang pendiam, bakat, mudah marah, dan  mudah putus asa

28.  When people spend time interacting with their smartphones via touchscreen, it actually changes the way their thumbs and brains work together. A study shows that more touchscreen use in the recent past translates directly into greater brain activity when the thumbs and other fingertips are touched.

It all started when Arko Ghosh of the University of Zurich and his colleagues realized that newfound obsession with smartphones could be a grand opportunity to explore the everyday plasticity of the human brain. Not only are people suddenly using their fingertips, and especially their thumbs, in a new way, but many of them are also doing it a lot, day after day. The phones are keeping track of their digital histories to provide a readymade source of data on those behaviors.

To link digital footprints to brain activity in the new study, Ghosh and his team used electro-encephalography (EEG) to record the brain response to mechanical touch on the thumb, index, and middle fingertips oftouchscreen phone users in comparison to people who still use their old-school mobile phones. The results suggest to the researchers that repetitive movements over the smooth touchscreen surface reshape sensory processing from the hand, with daily updates the brain's representation of the fingertips. What exactly this influence of digital technology means for us in other areas of our lives is a question for another day. The news might not be so good as the researchers note evidence linking excessive phone use with motor dysfunctions and pain.

According to the passage, which of the following statements about touchscreen phone users is true? *
A. Their brains show greater activities as they use their phones
B. Using touchscreen phones continuously makes them easily distracted
C. They have more modern lifestyle compared to old mobile phone users
D. Restlessness and agitation are common sighs of touchscreen phone users
E. Touching touchscreen surface regularly leads to increasing sense of touch

29. Semua tanaman memiliki buah. Sebagian tanaman berbunga kuning.
A. Semua tanaman yang memiliki buah, berbunga bukan kuning.
B. Semua tanaman yang memiliki buah, berbunga kuning.
C. Semua tanaman yang tidak memiliki buah, berbunga bukan kuning.
D. Sebagian tanaman yang tidak memiliki buah, berbunga kuning.
E. Sebagian tanaman yang memiliki buah, berbunga bukan kuning.

30. Pada akhir minggu, keluarga Zainuri selalu pergi bertamasya. Tidak semua tempat wisata yang dikunjungi terletak di luar kota. Jadi, di akhir pekan ...
A. Keluarga Zainuri selalu pergi bertamasya bukan di luar kota.
B. Keluarga Zainuri selalu pergi bertamasya di luar kota.
C. Keluarga Zainuri selalu bertamasya, kecuali : bukan di luar kota.
D. Keluarga Zainuri tidak selalu bertamasya, kecuali di luar kota.
E. Keluarga Zainuri selalu pergi bertamasya, diluar kota atau bukan di luar kota.

31. Ayah Zidan hendak bepergian ke Lhokseumawe dengan menggunakan mobil, sedangkan Zidan akan menggunakan sepeda motor. Jarak rumah Zidan dengan kota Lhokseumawe sejauh 120 km. Ayah Zidan berencana berangkat jam 07.00 dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jika kecepatan Zidan rata-rata 90 km/jam. Maksimal jam berapakah Zidan harus berangkat agar bersamaan dengan Ayahnya tiba di Lhokseumawe?
A. 07.30
B. 07.35
C. 07.40
D. 07.45
E. 07.50