Apa itu Ping? Pengertian dan Cara Test Pada Windows

Secara praktis, selain menggunakan Command Tracert, perintah PING juga digunakan sebagai bahan untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyebab Anda tidak bisa mengakses suatu website. Lalu, apa itu ping dan bagaimana cara test domain pada Windows?

Apa itu Ping Pengertian dan Cara Test Pada Windows

Apa itu Ping?

Packet Internet Gopher atau yang kita kenal sebagai ping adalah perintah untuk mengecekan response server dan client dalam sebuah jaringan internet. Dengan perintah ping ini, Anda bisa mengetahui koneksi antara antara kedua jaringan.

Berikut adalah informasi yang bisa Anda ketahui dengan menggunakan ping.

  1. Mengetahui status up/down komputer atau server tujuan dalam jaringan. Kita dapat mengecek apakah sebuah komputer atau server dalam keadaan up/down menggunakan perintah PING. Jika komputer tersebut memberikan response terhadap perintah PING yang kita berikan maka dikatakan bahwa komputer tersebut up atau hidup.
  2. Memonitor availability status komputer dalam jaringan. PING dapat digunakan sebagai tool monitoring availibilitas komputer dalam jaringan yang merupakan salah satu indikator kualitas jaringan yaitu dengan melakukan PING secara periodik pada komputer yang dituju. Semakin kecil downtime, semakin bagus kualitas jaringan tersebut.
  3. Mengetahui responsifitas komunikasi sebuah jaringan. Besarnya nilai delay atau latency yang dilaporkan oleh PING menjadi indikasi seberapa responsif komunikasi terjadi dengan komputer yang dituju. Semakin besar nilai delay menunjukkan semakin lamban respons yang diberikan. Sehingga nilai delay ini juga bisa digunakan sebagai indikator kualitas jaringan.

Cara PING di Windows

Berikut ini adalah contoh Cara melakukan PING pada Windows ;

  1. Klik Start –> Run
  2. Setelah muncul pop up lalu anda tinggal ketikkan –> CMD
  3. Lalu munculah gambar seperti di bawah ini , kemudian anda tinggal ketikkan –> ping (spasi) namadomainanda
Perhatikan hasil pingnya :
  • Reply : Menunjukkan bahwa koneksi yang anda gunakan terhubung dengan server tujuan.
  • Request time out : Ada gangguan pada koneksi, seperti kurang stabilnya koneksi yang digunakan, atau IP Publict terblock oleh Firewall server.
  • Destination host unreachable : Kemungkinan modem belum tersambung ke jaringan internet, atau kendala DNS.
Jika Anda tidak bisa mengakses website Anda dan hasil PING menunjukkan Request Time Out silahkan dicoba untuk restart koneksi yang digunakan. Bila hal ini masih terjadi, silahkan menghubungi support dari provider hosting dan informasikan hasil PING tersebut untuk digunakan sebagai bahan analisa penyebab kemungkinan website Anda tidak bisa diakses.

Selain itu informasikan juga IP Publik koneksi Anda saat ini (Bisa diperiksa menggunakan layanan seperti http://whatismyip.com) untuk mencegah kemungkinan IP Publik Anda terblok di sisi server. 

Sumber: https://www.rumahweb.com/journal/apa-itu-ping-adalah/