Soal dan Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA

Soal dan Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA. Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA. Mengenalkan literasi dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan murid, membutuhkan strategi sesuai dengan tingkat perkembangannya.

Modul ini akan mengajak kita melihat lebih jauh bagaimana strategi penguatan literasi dan apa saja hal yang dapat mendukung proses penguatan literasi tersebut. Penyediaan ragam bacaan, kesempatan untuk mengeksplorasi ragam teks, dan memberikan ruang untuk mengekspresikan pemahaman murid dengan cara yang bervariasi merupakan bagian dari strategi meningkatkan kecakapan literasi pada murid.

Modul ini juga akan menjelaskan bagaima penataan fisik yang nyaman dan kebebasan memilih ragam bacaan akan menambah kecintaan dan kebiasaan membaca dan menulis.

Daftar Materi:
Langkah Penyelesaian Modul
  • Belajar materi
  • Refleksi pembelajaran
  • Post Test
Soal dan Jawaban Post Test Pelatihan Mandiri Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA

Soal dan Jawaban Post Test Modul 3 Penguatan Literasi SMP dan SMA

1. Salah satu contoh program ramah literasi yang dapat diterapkan di lingkup SMP dan SMA adalah mengadakan klub buku. Klub buku dapat berfungsi sebagai wadah untuk mendiskusikan buku bersama-sama. Bagaimana peran guru dalam kegiatan klub buku ini?
A. Guru memilihkan buku yang akan didiskusikan dalam klub buku.
B. Guru mengajukan pertanyaan pemantik yang sesuai saat diskusi buku.
C. Guru memastikan setiap murid sudah selesai membaca buku yang akan didiskusikan.
D. Guru menyiapkan perangkat asesmen untuk mengukur kemampuan
literasi murid selama diskusi buku.

2. Salah satu contoh lingkungan fisik kaya teks di SMP/SMA/SMK adalah menyediakan Sudut Baca Kelas. Guru dapat melibatkan murid untuk turut mengelola Sudut Baca Kelas. Bagaimana contoh kontribusi murid yang bermakna dalam pengelolaan sudut baca tersebut?
A. Menghias sudut baca kelas dengan aneka poster dan gambar
B. Menjaga kerapian dan kebersihan Sudut Baca Kelas
C. Mengkurasi buku-buku yang akan diletakkan di Sudut Baca Kelas
D. Mengingatkan teman-temannya untuk tenang saat membaca

3. Minat baca bukanlah sesuatu yang bisa muncul tiba-tiba seiring dengan bertambahnya usia, perlu dilakukan usaha yang disengaja dan rutin untuk menumbuhkan minat tersebut.
A. Benar
B. Salah

4. Pada strategi “VIP (Very Important Point)” atau "TPP (Tandai Poin Penting)" yang dijelaskan dalam video, apa yang perlu diperhatikan guru sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan umpan balik bagi murid?
A. Jumlah teks yang disiapkan oleh murid.
B. Model dan desain penanda yang dibuat oleh murid.
C. Alasan murid menandai bagian yang mereka anggap penting.
D. Sumber atau referensi yang digunakan oleh murid.