HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks

Kenapa Gini ya?? HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks. Setiap submit url sekarang keluarnya gini.. Padahal SSL sudah saya cek semua dan tidak ada masalah.. Bahkan saya sudah ganti dengan SSL berbayar. Sumber

Search console keluar peringatan HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks.

HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks

Pertanyaan
Bagaimana cara mengatasi "HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat di Indeks"? Secara tiba-tiba beberapa artikel begitu?

Jawaban Sementara:
Cek sertifikat SSLnya apakah masih valid atau sudah kadaluarsa. Atau matikan https-nya. Sumber

HTTPS tidak dievaluasi:

HTTPS tidak dievaluasi:
Error ini dapat disebabkan oleh salah satu kondisi berikut: Lihat Memperbaiki error HTTPS yang tidak dievaluasi.
  • URL HTTP tidak memiliki URL HTTPS yang setara. Jika URL HTTPS yang setara tidak ada (error 404) atau Google mengalami error 4XX lainnya (seperti autentikasi diperlukan) atau error tingkat 5XX (masalah server), URL akan diberi label sebagai HTTPS tidak dievaluasi}.
  • URL HTTP dan HTTPS yang setara ada, tetapi karena alasan tertentu Google memilih versi HTTP sebagai kanonis. Pastikan untuk menandai HTTPS sebagai kanonis menggunakan salah satu metode ini.
  • Google menemukan begitu banyak error dari jenis apa pun sehingga berhenti memproses URL dalam antrean di situs Anda. URL dalam antrean lainnya yang tersisa diberi label sebagai HTTPS tidak dievaluasi.
  • Terdapat error di seluruh situs yang mencegah Google mengevaluasi URL ini (misalnya, sertifikat SSL yang buruk untuk situs).
  • Google belum pernah melihat URL tersebut, atau pernah melihat URL tersebut tetapi belum meng-crawl-nya.
Masalah lain: Terjadi error lain yang tidak tercakup dalam daftar error. Sumber

Solusi Masalah HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks

HTTPS reporting ini memang baru ada di search console. Dokumentasinya bisa dibaca di sini: https://developers.google.com/search/blog/2022/09/https-search-console-report?hl=id namun belum ada yg berbahasa indonesia utk saat ini.

Mengenai masalah https tidak valid info lengkapnya ada di sini: https://support.google.com/webmasters/answer/11396518#fix_missing_urls

Nah, di dokumentasi tersebut memang disebutkan fungsi laporan https ini adalah utk memberi tahu kita kalau ada masalah https di situs kita, namun error ini juga mencakup kalau situs ada masalah lain dan crawler belum sempat mengevaluasi semua halaman https. Jadi belum tentu ada masalah https di halaman spesifik tersebut.

Maka selain dipastikan url https tidak bermasalah, dicek juga apakah ada masalah lainnya pada situs kita. Kalau ada diselesaikan dulu masalah-masalah tersebut baru cek lagi laporan ini. Selain itu perlu diperhatikan juga apakah masalah ini hanya pada beberapa artikel atau dialami oleh hampir semua url di situs kamu. Sumber

Posting Komentar untuk "HTTPS tidak valid dan mungkin tidak dapat diindeks"