Sebutkan Kegiatan Ekonomi dari 2 Negara Asean Jelaskan Hubungannya dengan Kondisi Geografisnya

Sebutkan kegiatan ekonomi dari 2 negara ASEAN!Jelaskan hubungannya dengan kondisi geografisnya

Jawaban:

Kegiatan ekonomi dari 2 negara ASEAN dan hubungannya dengan kondisi geografisnya:

1. Singapura

Kegiatan ekonomi: pelayaran dan perdagangan

Hubungan dengan kondisi geografis:

Singapura adalah negara pulau yang terletak di dekat jalur pelayaran di Selat Malaka. Singapura tidak memiliki lahan pertanian atau tambang mineral. Sehingga, kegiatan ekonomi berpusat pada pada pelayaran dan perdagangan.

Lokasi Singapura ini sangat strategis, karena Selat Singapura dan dekat Selat Malaka adalah jalur utama yang menghubungkan Asia Timur dengan India, Timur Tengah, Eropa dan Afrika. Dengan lokasi ini banyak kapal yang berlabuh di Singapura. Pelabuhan Singapura menjadi pelabuhan yang sangat sibuk dengan aktifitas bongkar muat dan kapal singgah. Banyak perusahaan yang bergerak di perdagangan antar negara berbasis di negara ini.

2. Myanmar

Kegiatan ekonomi: Pertanian dan pertambangan

Hubungan dengan kondisi geografis:

Wilayah Myanmar berada di daerah aliran Sungai Irawaddy. Lokasi ini membuat Myanmar memiliki lahan pertanian yang cocok untuk budidaya padi. Hingga tahun 1960an, Myanmar menjadi eksportir padi terbesar di dunia.

Selain pertanian padi, kegiatan ekonomi lain yang berkembang di Myanmar adalah pertambangan. Hal ini karena kondisi geografis Myanmar yang deposit batu giok (jade) terbesar di dunia. Myanmar memproduksi batu giok jenis kualitas tertinggi yaitu jadeit. Batu mulia dan semi mulia seperti giok mencakup sekitar 10% dari total ekspor Myanmar. Jade kebanyakan ditambang di bagian utara Myanmar.

Kelas: VI
Mata pelajaran: IPS
Materi: Bab 2 Kenampakan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia Negara-Negara Tetangga
Kata kunci: Kegiatan ekonomi negara- negara ASEAN
sebutkan kegiatan ekonomi dari 2 negara asean jelaskan hubungannya dengan kondisi geografisnya