Cara Membuat Meta Description yang SEO Friendly Blogger dan Wordpress

Umumnya Masyarakat sekarang ini sudah terbiasa melakukan pencarian informasi di internet. Kebiasaan mereka akan mengetikkan query atau kata kunci pencarian berdasarkan kebutuhan mereka. Hasil pencarian akan muncul di halaman pertama Google disertai informasi atau keterangan isi konten. Nah, informasi yang muncul bersama judul dan URL di halaman pencarian itulah yang dikenal dengan nama meta deskripsi atau meta description.

Pengertian Meta Description atau Meta Deskripsi

Apa itu meta deskripsi? Meta description adalah tag HTML yang isinya penjelasan singkat tentang isi dari suatu halaman situs. Dalam hasil pencarian, contoh meta description akan muncul di bawah URL halaman situs itu sendiri. Jadi, Anda bisa melihat gambaran singkat isi dari website, tanpa perlu masuk ke situs itu terlebih dahulu.

Bagi Anda pemilik website yang ingin berfokus pada search engine optimization untuk mendatangkan lebih banyak traffic, wajib memperhatikan cara membuat meta deskripsi. Sebab meta description adalah salah satu elemen yang pengaruhnya terbilang besar. Bahkan berkat pemilihan kalimat yang tepat, meta deskripsi bisa meningkatkan jumlah kunjungan audiens atau pengguna internet menuju website Anda.

Banyak teknik SEO yang bisa membantu website atau situs bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari, untuk tambahan referensi sebelum lanjut membaca artikel ini, Anda bisa mempelajari beberapa materi berikut:

Cara Membuat Meta Deskripsi

Prinsip dasar dari keberadaan meta deskripsi untuk membantu pengguna internet maupun mesin Google mengetahui secara ringkas dan cepat isi halaman suatu website. Pertanyaannya, bagaimana cara membuat meta deskripsi?

Selalu Sisipkan Kata Kunci

Contoh meta description yang baik, Anda perlu menyisipkan kata kunci dengan jumlah pencarian yang banyak, namun dengan tingkat persaingan yang rendah. Jumlah kata di dalam meta deskripsi biasanya antara 155 - 160 karakter dengan menggunakan kalimat efektif dan langsung ke inti pembahasan. Maksudnya, Anda perlu membuat meta deskripsi dengan singkat, padat, dan jelas. Dengan cara ini, situs Anda akan lebih mudah tampil di page one Google, bahkan bisa mendapatkan posisi satu di halaman pencarian.

Walaupun disarankan Anda menggunakan kata kunci di dalam meta description, apalagi Google memang menganjurkan hal ini, namun tetap berhati-hati agar Anda tidak melakukan spamming keyword, atau menggunakan kata kunci yang sama berulang-ulang.

Manfaatkan Tools Penghitung Karakter

Untuk membuat meta deskripsi yang sesuai ketentuan, apalagi dengan adanya pembatasan karakter di dalam meta deskripsi, alangkah baiknya kalau Anda menggunakan tools penghitung karakter. Tools tersebut akan membantu Anda menyusun kalimat supaya lebih efektif dan efisien, serta tidak lebih dari 155-160 karakter. Karena jika meta deskripsi terlalu panjang, deskripsi yang muncul di halaman pencarian akan terputus dan hanya dimunculkan sejumlah maksimal karakter, kemudian diikuti tiga titik di belakang deskripsi.

Buatlah Meta Deskripsi yang Membuat Pembaca Tertarik

Meta description adalah ujung tombak website Anda. Jika kalimat pendek itu bisa menarik minat para pembaca, maka Anda akan mendapatkan page view yang banyak. Oleh sebab itu, Anda wajib kreatif dalam membuat meta deskripsi dan membuat mereka mengklik URL situs Anda dari halaman pencarian.

Meta Description Sesuai Isi Website

Contoh meta description yang baik adalah sesuai dengan isi website itu sendiri. Jika tidak, maka pengunjung akan merasa tertipu dan langsung keluar dari website Anda serta membuat angka bounce rate makin tinggi. Hal itu tidak baik untuk peringkat situs Anda di mesin pencari.

Cara Membuat Meta Description yang SEO Friendly Blogger dan Wordpress

Langkah dan Cara Membuat Meta Deskripsi yang Menarik Minat Pembaca

  • Buat kalimat yang seakan-akan Anda bisa membaca apa yang audiens atau pengguna internet pikirkan. Misalnya, “Apakah kamu ingin sukses dan terkenal di masa muda?” atau “Ingin konten viral dan dikenal banyak orang dengan cara mudah?” dan masih banyak lagi. Pastikan kalimat yang Anda buat ini sesuai pula dengan isi artikel atau konten di website Anda.
  • Kalimat meta deskripsi yang dibuat harus bisa menjadi solusi dan jalan keluar bagi masalah yang sedang audiens hadapi. Sebagai contoh, “Memaksimalkan potensi Anda sebagai content creator adalah jawabannya.” Kalau artikel atau konten website Anda mengenai cara edit video atau penjelasan mengenai teknik editing video, Anda bisa menggunakan, “Mempelajari teknik editing video akan membuat Anda dikenal lebih banyak orang.”
  • Pakailah kalimat ajakan yang tegas, sehingga para pengunjung pun mau mengklik link website Anda. Contoh kalimat ajakannya seperti, “Ayo pelajari sekarang juga!” Bisa juga, “Jangan ragu, klik di sini saja!” dan sebagainya.
  • Jangan pakai kalimat yang sama atau memiliki makna sama secara berulang, apalagi jika kalimat tersebut tidak memiliki makna apa pun dan hanya menghabiskan space meta deskripsi yang ada.
Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat meta description yang bisa Anda ikuti. Terlebih bagi Anda yang ingin melakukan optimasi SEO untuk website masing-masing. Anda juga bisa memakai meta description generator untuk memasang meta deskripsi secara otomatis untuk semua postingan. Sumber

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Meta Description yang SEO Friendly Blogger dan Wordpress"