Ketahui Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian Paling Mudah Tahun 2022

Ketahui Syarat dan Cara Gadai Emas di Pegadaian Paling Mudah Tahun 2022

Untuk Menjalankan investasi emas batangan merupakan salah satu pilihan yang cukup bijaksana. Harga emas cenderung akan stabil dan bisa cepat dijual kembali saat kamu butuh. Selain menjualnya di Antam, kamu pun bisa gadai emas di Pegadaian dengan mudah. Gimana sih Caranya? Simak penjelasan dibawah ini.

Pegadaian merupakan anak usaha dari BRI yang bergerak dalam layanan keuangan dalam bentuk jasa gadai barang. Kantor cabangnya pun sudah tersebar di banyak wilayah hingga ke kota-kota kecil. Perusahaan ini pun sangat terjamin keamanannya setiap barang yang digadai hingga pemiliknya menebusnya kembali.

Keamanan dalam menggadaikan logam mulia pun tidak perlu diragukan karena Pegadaian juga punya tempat penyimpanan yang baik. Jika kamu berniat menggadaikan emas sekarang, simak cara dan syarat yang perlu dipersiapkan di bawah ini! - Sumber

Sistem Gadai Emas di Pegadaian

Dalam praktiknya, sistem gadai emas di Pegadaian merupakan cara untuk mendapatkan dana tunai dengan proses yang cepat. Masyarakat hanya perlu menyerahkan emas sebagai jaminannya. Pegadaian pun memberikan berbagai pilihan pinjaman dengan syarat gadai emas ini.

Sebagai informasi, hanya emas bersertifikat saja yang bisa dijadikan jaminan gadai di Pegadaian. Sertifikat emas biasanya tertulis berat, karat, serta harga emas. Sertifikat tersebut nanti pun akan diserahkan bersama dengan emas sebagai bukti keaslian dari logam mulianya.

Bentuk emas yang digadai pun bisa bermacam-macam. Pegadaian menerima emas batangan, mini gold, dan juga perhiasan berbahan dasar emas.

Selain menyediakan emas, kamu juga perlu menyiapkan data diri (KTP, SIM, atau paspor) serta Kartu Keluarga. Sediakan juga nota pembelian emas dari tempat kamu membeli emas.

Pilihan Pinjaman Gadai Emas di Pegadaian

Pegadaian pun memberikan sejumlah pilihan untuk masyarakat yang ingin menggadai emasnya. Setiap pilihan pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan membayar pinjaman. Berikut penjelasan dari pilihan gadai emas yang tersedia di Pegadaian:

1. Kredit Cepat dan Aman (KCA)
Pegadaian memberikan pinjaman cepat dengan waktu pembayaran mencapai 4 bulan. Tenor tersebut pun bisa diperpanjang kembali dengan batas waktu yang ditentukan setelahnya. Untuk mendapatkan pinjaman ini, kamu perlu menandatangani Surat Bukti Gadai di kantor Pegadaian.

2. Kredit Cepat dan Aman Prima (KCA Prima)
Serupa dengan KCA biasa, KCA Prima pun akan memberikan pinjaman dana segar dengan lebih mudah dengan jaminan emas. Pinjaman ini pun tidak memiliki bunga alias bunga 0% dengan batas waktu pinjaman hingga 60 hari. Namun, pinjaman ini tidak bisa diperpanjang.

3. Gadai Bisnis
Pegadaian pun memiliki program pinjaman antara Rp100 juta hingga Rp1 miliar untuk kegiatan usaha. Taksiran emas jaminan pun hanya perlu 86,5% dari total pinjaman. Program pinjaman ini pun bisa diperpanjang berkali-kali. Kamu tidak perlu buka rekening karena uang pinjaman bisa langsung ditransfer ke rekening pribadi.

4. Krasida
Krasida merupakan pinjaman dengan menggunakan sistem angsuran dengan masa angsuran mulai dari 6 hingga 36 bulan. Pegadaian pun memberikan pinjaman hingga maksimal 95% dari nilai taksiran emas jaminan. Pinjaman yang bisa didapatkan mulai dari Rp1.000.000 sampai dengan Rp250.000.000.

Nilai Taksir Harga Gadai Emas di Pegadaian

Pegadaian menggunakan nilai taksir emas untuk menentukan harga emas. Nilai taksir yang digunakan oleh Pegadaian sebesar 92-95 persen dari harga emas yang dimiliki. Nilai inilah yang akan digunakan untuk menentukan pinjaman yang bisa didapatkan dengan jaminan emas.

Sebagai contoh, harga emas yang dimiliki adalah Rp10.000.000 dengan nilai taksir dari Pegadaian sebesar 95%. Artinya, kamu hanya bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp9.500.000.

Biaya Sewa Gadai Emas di Pegadaian

Selain nilai taksir, kamu pun perlu membayar biaya sewa modal dan biaya administrasi lainnya. Untuk biaya administrasi, biasanya ditentukan bergantung dari total jumlah pinjaman. Sedangkan, biaya sewa akan dihitung setiap 15 hari.

Nilai biaya sewa yang perlu dibayarkan adalah 1,15%. Tarif ini akan dihitung maksimal empat bulan atau 120 hari. Berikut perhitungannya:

> 120 hari : 15 = 8

> 8 x 1,14% = 9,2%

Nantinya, biaya sewa akan ditambah dengan biaya administrasi tambahan dan dijumlahkan ke dalam total pinjaman. Total perhitungan itulah yang harus kamu bayarkan kepada pihak Pegadaian.

Cara Mengajukan Gadai Emas di Pegadaian

Bisa dibilang, syarat yang diberikan oleh Pegadaian sangat mudah dan prosesnya juga cepat. Jika ingin melakukan gadai emas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

1. Menyiapkan emas yang ingin digadaikan

2. Mendatangi kantor cabang Pegadaian terdekat

3. Memberikan kartu identitas, sertifikat emas, dan emas yang ingin digadaikan

4. Menunggu proses verifikasi dan taksir harga emas

5. Pegadaian akan memberikan surat perjanjian gadai emas

6. Dana pinjaman gadai emas sudah bisa didapatkan

Kamu akan mendapatkan jangka waktu atau tenor pelunasan selama empat bulan. Masa pinjaman ini bisa diperpanjang setiap empat bulan dengan kembali mendatangi kantor cabang Pegadaian tersebut.

Untuk pelunasannya, kamu dibebaskan mencicil dalam jumlah berapa pun dan kapan pun sampai sampai lunas sepenuhnya. Jika gagal melunasi utang, emas yang digadai akan dilelang oleh Pegadaian.

Pembayaran atau pelunasan pinjaman di Pegadaian pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi LinkAja. Cukup masukkan nomor kredit yang ada di Surat Bukti Gadai dalam menu Pegadaian. Lalu, pilih nominal yang ingin dibayarkan.

Bukan hanya membayar pinjaman, kamu pun bisa membuka tabungan emas Pegadaian di aplikasi LinkAja