Capaian Pembelajaran dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Rekayasa Fase A B C D E F

Capaian Pembelajaran dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Rekayasa SD SMP SMA MA SMK Tahun Ajaran 2022-2023.

Capaian Pembelajaran dan Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Prakarya Rekayasa SD SMP SMA MA SMK Tahun Ajaran 2022-2023

Capaian pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase A

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase A (Kelas I dan II SD/MI/Program Paket A) peserta didik mampu membuat produk rekayasa sederhana melalui pengamatan dan identifikasi bahan, teknik, alat dan produk ciptaannya serta memberikan tanggapan di bawah bimbingan.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Observasi dan Eksplorasi
Peserta didik mampu mengamati dan menunjukkan secara lisan karakteristik (sifat, fungsi, dan bentuk) bahan produk rekayasa sederhana.

Desain/Perencanaan
Peserta didik mampu membuat rancangan/dummy rekayasa sederhana.

Produksi
Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa sederhana di bawah bimbingan.

Refleksi dan Evaluasi
Peserta didik mampu memberi tanggapan terhadap produk rekayasa sederhana secara lisan.

Contoh alur tujuan pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase A


Capaian pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase B

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase B (Kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A) peserta didik mampu menghasilkan produk rekayasa yang memanfaatkan energi melalui pengamatan dan identifikasi potensi lingkungan sekitar serta memberikan tanggapan di bawah bimbingan.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Observasi dan Eksplorasi
Peserta didik mampu mengamati, mengidentifikasi dan menjelaskan karakteristik (sifat, fungsi, dan bentuk) bahan, alat dan prosedur pembuatan produk rekayasa yang memanfaatkan energi sesuai potensi lingkungan, serta mengeksplorasi dari berbagai sumber.

Desain/Perencanaan
Peserta didik mampu membuat rancangan/dummy rekayasa sederhana dengan memperhatikan potensi lingkungan.

Produksi
Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa sederhana dengan teknik modifikasi, merubah fungsi produk yang sudah ada secara mandiri mapupun kerjasama kelompok serta mempresentasikan secara lisan.

Refleksi dan Evaluasi
Peserta didik mampu mengapresiasi produk rekayasa sederhana di lapangan atau dari sumber yang lain dan merefleksikan terhadap karya produk ciptaannya secara lisan maupun tertulis.

Contoh alur tujuan pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase B


Capaian pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase C

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase C (Kelas V dan VI SD/MI/Program Paket A) peserta didik mampu menghasilkan produk rekayasa yang memanfaatkan energi melalui identifikasi bahan, alat, teknik dan prosedur produk rekayasa energi yang ada. Pada fase ini peserta didik mampu merefleksikan kelebihan atau kekurangan produk ciptaan.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Observasi dan Eksplorasi
Peserta didik mampu mengamati dan mengidentifikasi, mengeksplorasi bahan, alat, teknik dan prosedur pembuatan produk rekayasa yang memanfaatkan energi sesuai potensi lingkungan.

Desain/Perencanaan
Peserta didik mampu membuat rancangan/dummy rekayasa energi dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan.

Produksi
Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa energi melalui modifikasi mengubah bentuk dan/atau fungsi hasil rancangan di atas dan mempresentasikan secara lisan maupun tertulis.

Refleksi dan Evaluasi
Peserta didik mampu merefleksikan produk rekayasa energi di lapangan atau dari sumber yang lain terhadap karya ciptaannya berdasarkan fungsi dan nilai guna yang dihasilkan secara lisan dan tertulis.

Contoh alur tujuan pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase C


Capaian pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase D

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase D (Kelas VII, VIII, dan IX SMP/MTs/Program Paket B) peserta didik mampu menghasilkan rekayasa teknologi tepat guna melalui identifikasi dan rekonstruksi desain produk dan menjelaskan keterkaitan teori, perakitan dan teknik dalam proses produksi. Pada fase ini peserta didik mampu memberikan penilaian produk berdasarkan fungsi dan manfaat secara tertulis dan lisan.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Observasi dan Eksplorasi
Peserta didik mampu mengamati perkembangan teknologi tepat guna dan mengeskplorasi karakteristik bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan sebagai alternatif menciptakan produk rekayasa yang kreatif dan inovatif.

Desain/Perencanaan
Peserta didik mampu membuat rancangan/dummy rekayasa teknologi tepat guna dengan memperhatikan potensi dan dampak lingkungan yang siap dikembangkan menjadi model.

Produksi
Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa teknologi tepat guna sesuai dengan kebutuhan lingkungan melalui modifikasi bentuk, alat, teknik dan prosedur pembuatan yang berdampak pada lingkungan maupun kehidupan sehari-hari serta mempresentasikan dalam bentuk lisan, tertulis, visual maupun virtual. 

Refleksi dan Evaluasi
Peserta didik mampu memberi penilaian produk rekayasa teknologi tepat guna teman sendiri maupun dari sumber yang lain dan merefleksikan terhadap karya ciptaannya berdasarkan fungsi dan nilai guna yang dihasilkan secara lisan dan tertulis, visual maupun virtual.

Contoh alur tujuan pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase D


Capaian pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase E

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase E (Kelas X SMA/MA/Program Paket C) peserta didik mampu menghasilkan prototype/dummy/model produk rekayasa teknologi terapan melalui analisis kebutuhan dan nilai guna secara mandiri dan atau kelompok serta dipresentasikan secara lisan dan tertulis. Pada fase ini peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran perbaikan berdasarkan analisis dampak lingkungan/teknologi terapan.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Observasi dan Eksplorasi
Peserta didik mampu mengeksplorasi karakteristik bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan produk, prototype/dummy/model rekayasa teknologi terapan berdasarkan analisis kebutuhan dan kelayakan fungsi.

Desain/Perencanaan
Peserta didik mampu mengeksplorasi karakteristik bahan, alat, teknik, prosedur pembuatan produk, prototype/dummy/model rekayasa teknologi terapan berdasarkan analisis kebutuhan dan kelayakan fungsi.

Produksi
Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa teknologi terapan sesuai dengan kebutuhan lingkungan melalui eksperimentasi dan atau modifikasi bentuk, alat, teknik dan prosedur pembuatan yang berdampak pada lingkungan maupun kehidupan sehari-hari serta mempresentasikan dalam bentuk lisan, tertulis, visual maupun virtual.

Refleksi dan Evaluasi
Peserta didik mampu memberi penilaian dan saran produk rekayasa teknologi terapan karya teman sendiri maupun dari sumber yang lain serta merefleksikan terhadap karya ciptaannya berdasarkan kajian ilmiah terhadap fungsi dan nilai guna secara lisan dan tertulis, visual maupun virtual.

Contoh alur tujuan pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase E


Capaian pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase F

Capaian Pembelajaran Umum
Pada akhir Fase F (Kelas XI dan XII SMA/MA/Program Paket C) peserta didik mampu membuat produk rekayasa teknologi terapan berdasarkan proposal rancangan produk yang dihasilkan melalui kajian ilmiah, analisis kebutuhan dan kelayakan fungsi serta mempresentasikan produk secara lisan dan tertulis pada media visual dan virtual. Pada fase ini peserta didik mampu mengevaluasi dan memberikan saran perbaikan berdasarkan analisis dampak lingkungan/teknologi terapan.

Capaian Pembelajaran per Elemen

Observasi dan Eksplorasi
Peserta didik mampu mengeksplorasi karakteristik produk, prototype/dummy/model untuk menyusun rancangan produk rekayasa teknologi terapan berdasarkan penelitian dan analisis kebutuhan, kelayakan, kajian ilmiah, serta dampak lingkungan.

Desain/Perencanaan
Peserta didik mampu membuat rancangan/dummy/prototype gambar teknik rekayasa teknologi terapan dari hasil mengeksplorasi bahan, teknik, alat dan prosedur serta memperhatikan potensi dan dampak lingkungan.

Produksi
Peserta didik mampu menciptakan produk rekayasa teknologi terapan sesuai dengan rancangan/desain/proposal berdasarkan analisis ilmiah, ekonomi, teknologi serta melalui eksperimentasi dan atau modifikasi bentuk, alat, teknik dan prosedur pembuatan yang berdampak pada lingkungan maupun kehidupan sehari-hari serta mempresentasikan dalam bentuk lisan, tertulis, visual maupun virtual.

Refleksi dan Evaluasi
Peserta didik mampu memberi penilaian, argumentasi dan rekomendasi produk rekayasa teknologi terapan karya teman sendiri maupun dari sumber yang lain serta merefleksikan terhadap karya ciptaannya berdasarkan kajian ilmiah, analisis ekonomi, teknologi dan dampak lingkungan terhadap ciptaannya secara lisan dan tertulis, visual maupun virtual.

Contoh alur tujuan pembelajaran Prakarya Rekayasa Fase F