Beberapa Tips Menabung Terbaik yang Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah

Beberapa Tips Menabung Terbaik yang Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah

Sangat mudah untuk terjebak dalam godaan menghabiskan uang. Entah itu untuk membeli pakaian baru, pergi makan, atau berlibur, pengeluaran bisa bertambah dengan cepat. Namun, ada banyak cara untuk menghemat uang dan tetap menikmati hidup.

Tips Menabung Terbaik

Beberapa Tips Menabung Terbaik yang Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah. Ada 20 tips menabung terbaik membantu kamu menghemat uang, namun tetap tidak terlalu membebani.

1. Buat Anggaran
Ini sangat penting untuk menghemat uang. Tentukan berapa banyak pendapatan yang kamu peroleh setiap bulan dan pantau pengeluaran kamu. Hal ini akan membantu kamu melihat pengeluaran dan selanjutnya menguranginya.

2. Buat Persentase Tabungan
Jika kamu ingin sukses, cara menabung yang benar adalah menetapkan persentase tiap bulan uang yang akan kamu tabung. Sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan kamu, bisa 10-20% dari gaji. Jika masih belum mampu sebesar itu, setidaknya mulai dengan yang kecil dulu. Namun, pastikan kamu disiplin untuk mematuhi batas tersebut tiap bulannya.

3. Tetapkan Tujuan Tabungan
Setelah kamu mengetahui berapa banyak yang dapat kamu hemat secara realistis setiap bulan, tetapkan tujuan spesifik untuk apa kamu ingin menabung. Ini bisa berupa uang muka rumah, mobil baru, naik haji, atau bahkan hanya dana pensiun.

4. Buat Rekening Terpisah
Para ahli keuangan pasti menyarankan tips menabung ini bagi pemula. Membuat rekening tabungan yang terpisah dengan rekening pengeluaran sehari-hari sangat penting untuk menjaga cash flow tetap baik. Prioritaskan pemakaian sehari-hari bukan dari rekening tabungan. Selain lebih terkontrol, bunga yang kamu dapat dari tabungan ini bisa lebih maksimal jika tetap utuh.

5. Berinvestasi pada Diri Sendiri
Tips menabung berikutnya adalah dengan berinvestasi pada diri sendiri. Artinya, kamu bisa mengambil kursus untuk memajukan karier kamu atau berinvestasi dalam rencana asuransi kesehatan yang baik. Ini penting untuk membuat tabunganmu makin besar.

6. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu
Lihat kebiasaan pengeluaran kamu dan cari di mana kamu dapat menguranginya. Pengeluaran yang mungkin tidak penting tersebut bisa berupa makan di luar, konsumsi kopi di kafe, biaya langganan TV kabel, atau keanggotaan gym yang tidak pernah kamu pakai.

7. Hidup di Bawah Kemampuan Kamu
Tentu kamu sering tergoda untuk belanja ini-itu ketika penghasilan makin besar. Namun, usahakan untuk belanjakan lebih sedikit daripada yang kamu peroleh. Jika kamu secara konsisten membelanjakan lebih dari yang kamu hasilkan, dijamin kamu akan sulit untuk menghemat uang.

8. Gunakan Uang Tunai 
Sangat mudah untuk berutang jika kamu terus-menerus menggunakan kartu kredit. Jadi, cobalah untuk menggunakan uang tunai sebanyak mungkin untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

9. Bawa Bekal Makanan
Tips menabung terbaik berikutnya adalah membawa bekal sendiri untuk bekerja atau sekolah. Perubahan sederhana ini dapat menambah penghematan besar.

10. Berjalan Kaki atau Bersepeda 
Kantor atau sekolah kamu dekat? Daripada berkendara, jika memungkinkan berjalan kaki atau bersepeda saja. Ini baik untuk kesehatan kamu, lingkungan, dan tentunya kantong kamu.

11. Jual Barang yang Tidak Terpakai
Kamu juga dapat menghasilkan uang dengan menjual barang-barang yang tidak lagi kamu butuhkan. Istilah keren untuk ini adalah decluttering. Lakukan garage sale atau jual barang secara online untuk mendapatkan uang ekstra.

12. Pindah ke Lokasi yang Lebih Murah
Salah satu pengeluaran terbesar adalah perumahan. Jika sekarang kamu tidak mampu membeli rumah, pertimbangkan untuk pindah ke daerah yang lebih murah dan lebih dekat dari kantor atau sekolah. Ini bisa membantu kamu menghemat banyak uang setiap bulan.

13. Tabungan Dana Darurat
Keadaan darurat mungkin terjadi dan penting untuk bersiap menghadapinya. Memiliki dana darurat dapat membantu kamu menutupi pengeluaran tak terduga tanpa harus berutang. Sisihkan dana tiap bulan untuk mengisi pos dana darurat agar kamu selalu siap.

14. Simpan Recehan
Tips menabung ini mungkin terdengar konyol, namun siapa sangka ini bisa membuat kamu lebih hemat tanpa terasa membebani. Kumpulkan recehan kembalian di celengan. Jika sudah terasa banyak, tukarkan uang tersebut di minimarket atau warung. Jumlah tabungan recehan itu pasti tidak akan kamu sangka sebanyak itu.

15. Beli Sekaligus 
Membeli sekaligus atau dalam jumlah besar dapat membantu kamu menghemat uang untuk belanjaan dan barang-barang lainnya. Ini bisa kamu terapkan untuk kebutuhan sehari-hari. Alih-alih belanja ketengan, kamu bakal mendapatkan penawaran diskon ketika membeli dalam jumlah besar.

16. Manfaatkan Cashback
Punya kartu kredit tak melulu bikin kamu boros, kok. Ada banyak kartu kredit yang menawarkan cashback untuk transaksi tertentu. Ini berarti kamu bisa menghemat uang untuk barang-barang yang kamu beli.

17. Bekerja Paruh Waktu
Jika kamu masih punya waktu luang, pertimbangkan untuk menjalani pekerjaan paruh waktu untuk membantu memenuhi kebutuhan. Ini bisa menjadi sesuatu yang sementara atau bahkan sesuatu yang menjadi karir jangka panjang. Gaji dari pekerjaan ini bisa kamu tabung untuk sekadar jajan atau menambah dana darurat.

18. Kurangi Hiburan
Atas nama healing, mungkin sekarang kamu terlalu mudah pergi ke bioskop, konser, dan acara lainnya. Cobalah untuk mengurangi yang hiburan tidak terlalu penting dan menghabiskan banyak uang itu. Sebaliknya, lakukan aktivitas gratis, seperti hiking, pergi ke taman, atau mengunjungi museum. Tips menabung ini ampuh untuk menekan pengeluaranmu.

19. Investasi dalam Saham
Berinvestasi dalam saham bisa menjadi cara menabung yang bagus untuk jangka waktu lama. Namun, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Jangan sampai kamu berinvestasi pada saham yang performanya tidak baik.

20. Berhenti Merokok 
Merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan kamu, tetapi juga mahal. Jika kamu merokok, berhenti dapat menyelamatkan dompet dan kesehatanmu.

Itulah Beberapa Tips Menabung Terbaik yang Bisa Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah. Jangan lupa di Coba ya..Semoga Bermanfaat. Sumber