CARI SESUAI KEBUTUHAN

Modul 4 PGSD Penerapan Penilaian Pembelajaran Dalam Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD

Modul 4 PGSD tentang Penerapan Penilaian Pembelajaran Dalam Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD.

Modul ini merupakan bahan ajar untuk kegiatan bimbingan teknis bagi para pendidik dan pengelola satuan PAUD dalam Penerapan Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan kompetensi literasi dasar peserta didik PAUD sebagai bagian dari upaya mewujudkan profil pelajar pancasilais yang berkualitas.

Implementasinya dilakukan dengan cara terintegrasi dengan kurikulum dan pembelajaran yang dilaksanakan di setiap satuan PAUD yang tersebar di seluruh Indonesia. Modul ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Modul ini akan senantiasa diperbaiki, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Dalam rangka meningkatkan mutu modul, masyarakat sebagai pengguna modul diharapkan dapat memberikan masukan kepada alamat penulis dan/atau penerbit dan laman http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui post-el buku@kemdikbud.go.id.

Ruang Lingkup Modul 4 PGSD

Modul 4, merupakan modul keempat dalam bahan ajar ini. Penilaian pembelajaran dalam pendidikan Kebencanaan di satuan PAUD pada hakekatnya merupakan penilaian perkembangan anak. Penilaian perkembangan anak akan memberikan gambaran sikap, pengetahuan dan keterampilan anak terkait Kebencanaan.

Materi ini akan menjadi acuan bagi pendidik untuk melakukan pengumpulan dan pengolahan data/informasi, serta menyampaikan kepada orang tua atau pihak lain yang berkepentingan. Penilaian perkembangan anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari perencanaan pembelajaran, karena hasilnya akan digunakan untuk menyusun program belajar yang sesuai dengan kebutuhan, kekuatan, dan anak, atau sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak.

Pendidik dapat mengadaptasi penilaian dengan mengacu pada STPPA dan indikator perkembangan anak (Permendikbud No.137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD dan No.146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 PAUD) dan mengembangkannya sesuai dengan kurikulum bermuatan Kebencanaan.

Materi yang dibahas bagian ini adalah;
1) Pengertian, tujuan, ruang lingkup, dan prinsip pelaksanaan penilaian perkembangan
di satuan PAUD

2) Penerapan cara/teknik penilaian pendidikan perkembangan anak di satuan PAUD, dan

3) Contoh-contoh penerapan cara/teknik penilaian perkembangan anak di satuan PAUD.

Ketiga hal tersebut saling terkait, sehingga antara materi 1, 2 dan 3 tidak terpisahkan, dan harus dipahami secara keseluruhan. Materi penilaian tersebut secara keseluruhan memperkuat dan memperkaya pengalaman yang sudah dimiliki, sehingga akan semakin mudah dan tepat dalam melaksanakan penilaian pembelajaran. Dengan demikian, proses penilaian yang terjadi di satuan PAUD akan dapat mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu memberikan gambaran atau deskripsi perkembangan anak secara utuh.

DOWNLOAD MODUL 4 GOOGLE DRIVE
KLIK UNTUK DOWNLOAD

Modul 4 PGSD Penerapan Penilaian Pembelajaran Dalam Pendidikan Kebencanaan di Satuan PAUD