Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan 1

Iklan 2

Modal Kecil namun Untung Besar, 10 Contoh Wirausaha yang bisa Anda Coba

Friday, January 7, 2022 | 1/07/2022 WIB
Modal Kecil namun Untung Besar, Jadi Wirausaha? Namun sebagai pemula, banyak yang terkendala dengan modal, tetapi masalah yang sebenarnya adalah bukan modal melainkan tekad dan keberanian untuk mencoba dan mempertahankan dan mengembangkan wirauasaha anda. kenapa bisa begitu? Karena modal banyak orang yang memiliki modal namun tidak berani untuk membuka usaha.

Modal Kecil namun Untung Besar, 10 Contoh Wirausaha yang bisa Anda Coba

10 Contoh Wirausaha yang bisa Anda Coba

1. Katering Rumahan
Wirausaha dengan membuka katering rumahan merupakan usaha yang dapat dilakukan jika Anda hobi memasak. Anda bisa menjual nasi bungkus atau sayur sebagai rumah makan versi rumahan. Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai tempat usahanya. Banyak juga orang yang bekerja dikantor tidak sempat untuk memasak, dan ia pasti memesan makanan untuk makan siang atau sore. Ambillah peluang ini untuk membuka usaha katering rumahan.

Usaha ini bisa di mulai dengan modal yang sangat kecil. Alat masak di rumah Anda sudah cukup untuk memulai usaha ini. Anda tinggal persiapakan bahan-bahan yang akan dimasak dan juga kotak atau bungkus nasi jika mereka memesan dalam bentuk nasi kotak.

Untuk awal Anda bisa memulai dengan beberapa menu masakan saja, namun pastikan rasanya. Namun jika ada yang memesan katering sesuai dengan menu mereka, Anda harus sesuaikan dengan pesanan dan harganya. Untuk awal modal 1 juta saja sudah lebih dari cukup untuk memulai wirausaha katering ini.


2. Dropship
Contoh wirausaha lainnya yang mudah dilakukan dan tanpa modal adalah melakukan dropship. Dropship ini bisa dikatakan bisnis yang tanpa mengeluarkan modal hanya paket kouta jika Anda menggunakan media sosial untuk penjualan. Iya hitung-hitung sekalian Anda menggunakan media sosial tetapi Anda juga mendapatkan uang.

Bisnis dropship ini adalah bisnis yan paling simpel dan tidak ribet. Anda hanya memasarkan barang saja. semua packing dan pengiriman sudah dilakukan pemilik produk. Anda bisa untung mulai dar 5000 rupiah perbarang yang Anda jual. Jika dalam sehari saja Anda mampu menjual 10 barang Anda sudah mendapatkan uang 50 ribu. Ini jika untungnya 5000 namun jika lebih besar lagi maka Anda mendapatkan uang yang lebih besar lagi.

3. Desain Grafis
Desain grafis ini adalah salah satu usaha yang dapat Anda lakukan walaupun Anda tidak mahir dalam menggambar, karena desain itu bisa dipelajari. Jadi Anda bisa pelajari dahulu cara desain dan membuat desain yang menarik. Jika Anda sudah bisa dalam pembuatan desain, barulah Anda membuka usaha desain grafis.

Anda bisa menjual jasa desain Anda secara online. Bahkan sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk menjual jasa desain atau menjual hasil desain seperti fiverr, upwork, atau sribu. Anda juga bisa berkerja sama dengan perusahaan sebagai freelancer jika Anda menguasai desain grafis ini.

Modal untuk wirausaha desain grafis ini adalah Anda harus mempunyai komputer atau laptop untuk mendesain. Jika Anda memiliki laptop atau komputer yang tidak terpakai gunakanlah untuk membuat usaha desain ini.

4. Percetakan Kecil
Untuk usaha percetakan ini tidaklah memerlukan modal yang banyak. Mulailah percetakan dengan skala kecil. Misalnya membuka jasa print atau fotocopy. Usaha ini dapat dilakukan jika Anda dekat sekolah atau kampus. Namun tidak menutup kemungkinan ditempat biasa juga bisa membuka usaha ini.

Modal untuk usaha percetakan ini sangat kecil, Anda membutuhkan satu laptop atau komputer, 1 mesin fotocopy dan 1 printer saja dan Anda sudah bisa memulai usaha ini. Tipsnya carilah tempat yang strategis agar jasa print dan fotocopy Anda laris dan memperoleh keuntungan besar.

5. Menjual Aneka Minuman
Usaha jual aneka minuman merupakan suatu usaha yang menguntungkan. Usaha menjual minuman ini bisa dengan menjual jus buah atau menjual kopi atau jamu. Buatlah minuman yang sesuai dengan kreasimu agar dilirik oleh pembeli. Modal untuk usaha ini cukup kecil dan keuntungan yang didapatkan bisa besar.

6. Makanan Ringan
Membuka usaha dengan jualan makanan ringan seperti kue kering, keripik, kerupuk hasil buatan sendiri adalah sebuah usaha yang dapat menghasilkan. Contohnya saja harga kripik pisang satu bungkusnya saja bisa mencapai puluhan ribu. Sedangkan modal untuk membuat kripik pisang sangat kecil.

Anda hanya perlu membeli pisang dengan kualitas terbaik dan mengolahnya menjadi keripik lalu Anda jual. Jika Anda mampu menjual 100 bungkus saja dalam satu bulan maka keuntungan Anda sangat besar. Itu hanya untuk satu jenis saja, bagaimana jika mencapai 5 jenis makanan ringan tentu ini hal yang luar biasa keuntungannya.

7. Buka Toko Handphone atau Pulsa
Wirausaha satu ini adalah wirausaha yang perlu dicoba. Saat ini semua orang memerlukan handphone atau smartphone untuk berkomunikasi, maka dari itu membuka toko handphone. Selain itu semua orang juga membutuhkan pulsa dan paket data. Kedua hal ini tidak bisa dipisahkan.

Namun jika Anda masih pemula dan tidak memiliki modal yang banyak Anda bisa membuka toko penjualan pulsa dan paket data saja. walaupun untung pertransaksi sedikit namun jika banyak yang transaksi pembelian pulsa maka banyak juga keuntungan yang di dapat. Selain pulsa, Anda bisa menyediakan pembayaran listrik, pam, atau pembelian tiket angkutan umum seperti kereta atau pesawat dengan menggunakan sistem ppob.

8. Jasa Cuci Motor atau Mobil
Jasa cuci motor atau mobil ini merupakan usaha yang dapat Anda lakukan di rumah anda. Anda siapkan saja bahan-bahan untuk mencuci motor atau mobil. Anda dapat memulai wirausaha ini dengan modal 2 juta saja untuk biaya perlengkapaan dan alat cuci motor atau mobil.

Jika cuci motor sekali cuci 10.000 saja permotor, kalau sehari ada 5 orang yang cuci motor sudah dapat 50.000 itu usaha yang sangat lumayan untungnya, belum ditambah mobil. Kalau tarif per mobil adalah 30.000 maka sehari satu saja sudah banyak pendapatan Anda dalam sehari. Sedangkan modal Anda hanya diawal saja dan biaya listrik dan air, jadi usaha jasa cuci motor/mobil ini patut Anda coba.

9. Buka Bimbingan Belajar
Bimbingan belajar adalah suatu hal sangat dicari oleh siswa untuk menambah pelajarannya diluar sekolah. Bimbel tidak hanya bimbingan belajar MIPA atau bahasa inggris. Anda bisa membuka bimbel gitar, musik, olahraga putsal, batminton dan masih banyak lagi.

Cari peluang yang dibutuhkan oleh banyak siswa dan jarang atau bahkan tidak ada yang membuka bimbel tersebut maka Anda akan banyak mendapatkan siswa dan memperoleh uang yang banyak.

10. Menjadi Influencer
Untuk Anda yang bingung mau memulai wirausaha apa, influencer merupakan salah satu usaha yang dapat Anda coba. Anda hanya mencari follower dan memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi mereka di media sosial. Baik itu melalui instagram, youtube facebook Anda bisa lakukan hal tersebut.

Buatlah konten yang menarik maka akan semakin banyak orang yang akan memfollow anda. jika sudah memiliki follower yang banyak Anda bisa buka jasa endorsement produk orang lain di media sosial anda. Anda juga bisa menjual produk Anda sendiri jika Anda memiliki produk. Modal untuk menjadi influencer ini adalah tekad yang kuat dan selalu konsisten membuat konten. Sumber