Apa yang Harus Kamu Lakukan Sehabis Masa Magang? Bisa Cek di Sini

Magang telah selesai, masih bingung mau ngapain? Kalau kamu masih belum tau apa yang harus dilakukan ketika masa magang telah usai, gak apa-apa kok. Ketika kamu memiliki status sebagai fresh graduate, kamu akan menjalani masa transisi di mana kamu harus mencari pekerjaan yang sifatnya full time atau kontrak.

Kesempatan magang yang sudah kamu lakukan pasti akan menambah kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Tetapi disaat kamu mempersiapkan lamaran kerjamu, jangan lupa juga untuk melakukan hal-hal berikut, agar masa magang mu tidak menjadi sia-sia dan bisa lebih menguntungkan ya, terlebih jika kamu catat pada CV ataupun portofolio.

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sehabis Masa Magang

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sehabis Masa Magang

1. Jalin relasi dengan kantor magang

Ketika masa magang sudah selesai, jangan langsung putus hubungan dengan perusahaan dan juga rekan kerja yang lain, terutama atasan dan juga HR. Dengan menjadi relasi yang baik, perusahaan juga akan mendapat kesan yang baik tentang dirimu. Kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapat pekerjaan dengan status kontrak ataupun full time jika kamu memiliki laporan yang baik ketika bekerja sebagai anak magang. Jadi, pastikan kamu menjalin relasi yang baik ya, siapa tau kamu bisa bekerja di tempatmu magang tanpa proses yang panjang.

2. Minta update terkait proyek yang pernah kamu jalankan

Kamu pasti terlibat dalam beberapa proyek ketika bekerja sebagai karyawan magang. Saat masa magang sudah selesai tetapi pekerjaan proyek belum selesai, tetap jaga hubungan dengan perusahaan untuk meminta update terkait proyek tersebut ya. Hal tersebut menunjukkan kepedulianmu terhadap pekerjaan dan hasil yang kamu dapatkan juga bisa menjadi bahan untuk ditulis di CV ataupun portofolio.

3. Jaga network profesional

Sehabis masa magang, kamu juga harus menjaga hubungan profesional dengan orang-orang dari perusahaan lama. Kamu bisa menggunakan media sosial untuk membuat koneksi dengan mereka. Mungkin kamu juga jadi tahu info-info lowongan seputar perusahaan ataupun seminar-seminar yang akan diadakan. Melalui media sosial yang ada, kamu juga bisa mengetahui info-info terbaru tentang pencapaian rekan kerjamu dan mengucapkan selamat lho.


4. Minta feedback dan juga surat rekomendasi dari atasan

Ketika masa magang sudah usai pastikan kamu menerima feedback dari atas atas hasil kinerja yang sudah kamu berikan. Feedback yang diberikan akan sangat berguna untuk mengembangkan diri dan kemampuanmu. Selain itu, feedback yang didapat dari atasan juga akan lebih objektif dibandingkan penilaianmu sendiri. Ketika sudah mendapat feedback, pastikan kamu juga mendapat surat rekomendasi dari perusahaan tempatmu magang.

5. Perbaharui CV dan portofolio

Ketika kamu sudah mendapatkan dokumen yang lengkap seputar masa magang-mu, yuk segera perbaharui CV atau portofolio dengan pengalaman masa magang yang sudah kamu pegang. Hal yang harus kamu tulis adalah pekerjaan dan kemampuan yang kamu miliki ketika magang. Selain itu, kamu juga bisa menulis mengenai proyek yang kamu jalankan selama masa magang dan selipkan juga surat rekomendasi yang sudah didapat dalam portofolio. Jangan lupa juga untuk buat CV atau portofolio-mu lebih menarik ya!


Nah, ketika semua pengalaman masa magang sudah terangkum, kamu sudah siap untuk melangkah lebih jauh. Semoga dengan persiapan yang matang, kamu bisa mendapatkan pekerjaan dan perusahaan yang kamu impikan.

Pastikan juga untuk selalu mengembangkan diri dan kemampuan #SepanjangAsa bersama pelatihan-pelatihan dari Karier.mu untuk raih potensi yang lebih maksimal. Kamu juga bisa kunjungi job.karier.mu untuk dapatkan info seputar lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan keinginanmu. Semoga berhasil, Sobat Karier!

Posting Komentar untuk "Apa yang Harus Kamu Lakukan Sehabis Masa Magang? Bisa Cek di Sini"