Jenis File Komputer beserta Pengertian File Menurut Para Ahli

File merupakan kumpulan berbagai jenis informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam komputer atau secondary storage, Jenis-jenis file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.

File merupakan kumpulan berbagai jenis informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam komputer atau secondary storage, Jenis-jenis file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer


Contoh dan jenis file serta ekstensinya
Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya:
• System= sys, com, bak, bat, tmp, dan exe.
• Video= avi, MKV, mpg, mpeg, wmv, 3gp, dan flv.
• Dokumen= html, doc, odt, xls, ods, dan pdf.
• Suara= wav, rm, mp3, dan midi.
• Gambar= jpeg, jpg, gif, png, tif, dan tiff.

Berikut ini pengertian file menurut beberapa ahli
Pengertian file menurut beberapa ahli, bisa di simak di bagian bawah ini:

Menurut Hendrayudi
File adalah data-data yang tersimpan dalam media yang mempunyai informasi besar file, tanggal & jam penyimpanan file, nama file, ciri file (ciri aplikasi yang membuat), & attribut file.

Rachmad Hakim S.
File merupakan dokumen yang mengandung informasi tertentu & dapat dibuka dengan program.

Sindhunata
File adalah kumpulan catatan atau arsip.

Mcleod (PEARSON)
File adalah koleksi record yang saling berhubungan, seperti satu file dari seluruh record yang berisi field kode-kode mata kuliah & namanya.

Edi S. Mulyanta
File merupakan urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital untuk urusan penyimpanan & pertukaran data.

Macam-Macam Ekstensi (Format File) :

EXE = File aplikasi (executable) Hanya bisa dibuka di sistem operasi windows

DOC = File Dokumen (Dapat dibuka dengan Microsoft Word)

XLS = File untuk Excel (Dibuka dengan aplikasi Microsoft Excel)

PPT = File untuk presentation (Dibuka dengan menggunakan Microsoft Powerpoint)

ICO = File untuk Icon Gambar (Dapat dibuka dengan semua aplikasi untuk edit gambar icon)

PSD = File Image, File Photoshop (Dapat dibuka dengan aplikasi Adobe PhotoShop)

MP3 = File Audio (Dapat dibuka dengan aplikasi audio seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lainnya)

WAV = File Audio (Dapat dibuka dengan aplikasi audio seperti Winamp, Windows Media Player atau yang lainnya)

MPG/MPEG = File Video (Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti Windows Media Player atau yang lainnya)

AVI = File Video (Biasanya digunakan untuk format DVD) (Dapat dibuka dengan aplikasi video seperti CyberLink PowerDVD atau yang lainnya)

FLV = File Flash Video (Dapat dibuka dengan aplikasi video flash seperti Total Video Player, FLV Player atau yang lainnya)

PDF = File Dokumen dari Adobe (Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader)

TXT = File Teks (Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad atau yang lainnya)

LOG = File Log (Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad atau yang lainnya)

ASM = Source Code Pemrograman Assembly (Dapat dibuka dengan aplikasi seperti Notepad, Wordpad atau yang lainnya)

RAR/ZIP = File Kompresi (Dapat dibuka dengan aplikasi seperti WinZip atau WinRar)

REG = File Registry (Dapat dibuka dengan aplikasi Regedit atau Notepad juga bisa)

HTM/HTML/SHTML = File Internet Document (Dapat dibuka dengan Netscape Navigator, MS Internet Explorer, Mozilla Firefox atau yang lainnya)

TTF = File Font (Dapat dibuka dengan aplikasi Font Viewer)

CDR = File Corel Draw (Dapat dibuka dengan Corel Draw)

BAT = File Batch (Sebuah file text yang berisi beberapa perintah yang secara segaja untuk di eksekusi oleh command prompt. Dapat dibuka dengan aplikasi Notepad)

Dibawah ini merupakan jenis-jenis file Gambar sebagai berikut:

PSD = (Photoshop Document)
Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop. Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar, sehingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. Format ini juga mampu menyimpan gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. Anda dapat menyimpan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali.

BMP = (Bitmap Image)
Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows sehingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Format ini mampu menyimpan informasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit.

EPS = (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar. Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak.

JPG/JPEG = (Joint Photographic Expert Group)
Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pilihan yang disediakan. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan digunakan untuk keperluan halaman web, multimedia, dan publikasi elektronik lainnya. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya.

TIF (Tagged Image Format File)
Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Format file ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC, Machintosh, dan Silicon Graphic). Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat disukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). Hampir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF.

PNG = (Portable Network Graphic)
PNG adalah salah satu format yang menggabungkan kehebatan dari JPG dan GIF. Gambar tipe ini juga dapat menampilkan gradasi dan juga mampu support hingga 24 bit warna.

GIF = (Graphic Interchange Format)
Format gambar ini adalah jenis yang hanya mampu menampilkan 256 warna saja. Namun tipe gambar ini mampu memainkan animasi sederhana. Jadi sangat cocok untuk banner sebuah web.


Sumber : [ https://artikelpendidikanrpp.blogspot.com ] [ https://www.anugerahdino.com ]