Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manfaat Bawah Putih Mentah Untuk Kesehatan

Kesehatan - Kondisi paling segar nutrisi bawang putih bisa bekerja dengan Optimal, Berbagai Manfaat bawang putih sudah dijelaskan sebelumnya. Mungkin cara makan bawang putih ini tidak biasa bagi Anda, tapi mengolah bawang dengan memasaknya justru akan menghilangkan berbagai nutrisi penting. Namun jika tidak ingin terus-terusan makan yang mentah, tidak apa juga untuk menyelinginya dengan memasukkan bawang putih ke dalam masakan sehari-hari.

Manfaat Bawah Putih Mentah Untuk Kesehatan

Boleh makan berapa banyak bawang putih mentah dalam sehari? Jika Anda tergolong sehat walafiat dan tidak memiliki masalah kesehatan serius,University of Maryland Medical Center membolehkan Anda makan 1-4 siung bawang putih mentah setiap hari.

Makan bawang putih lebih dari satu siung per hari mungkin bisa memperparah kondisi orang yang punya gangguan pencernaan parah. Selain itu, orang yang memiliki alergi, tekanan darah rendah, asma, bisul, atau masalah tiroid juga disarankan untuk lebih dulu konsultasi ke dokter sebelum makan bawang putih.

Sama halnya apabila Anda saat ini sedang mengonsumsi obat berikut:
➧ Isoniazid (Nydrazid)
➧ Pil KB
➧ Cyclosporine
➧ Obat untuk HIV/AIDS
➧ Obat antinyeri NSAID
➧ Obat pengencer darah (Warfarin)

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan ini, batasi jumlah bawang putih yang Anda konsumsi agar tidak terjadi interaksi yang merugikan. Sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter apakah aman makan bawang putih saat sedang menggunakan obat medis.

Tips mengusir bau mulut setelah makan bawang putih
Meski berpotensi baik buat kesehatan, bawang putih juga berbahaya apabila kebanyakan dikonsumsi. Bumbu dapur ini dapat menyebabkan mulut terasa panas, diare, mual dan muntah, hingga bau mulut dan bau badan jika dikonsumsi terlalu banyak.

Tips menghindari Bau Mulut, karena makan bawang putih mentah
➧ Cuci bersih siung bawang putih mentah dengan air dingin yang mengalir
➧ Konsumsi bawang putih mentah bersama daun seledri atau kemangi agar aroma bawangnya tidak terlalu tajam
➧ Minum segelas susu rendah lemak atau makan yogurt tanpa rasa setelah mengonsumsi bawang mentah
➧ Sikat gigi dan berkumur dengan cairan pembersih mulut sampai bersih seusai makan bawang putih mentah

Bagaimana Menyimpan bawang Putih Biar Tahan Lama

1. Simpan di kulkas
Menyimpan dikulkas itu sudah pasti, Menyimpan bawang putih di tempat terbuka akan membuatnya jadi lembap sehingga akhirnya muncul tunas baru. Baiknya simpan bawang putih yang sudah dikupas dan dicuci bersih dalam wadah kedap udara. Masukkan ke dalam kulkas atau freezer. Kalau bawang putih sudah muncul tunas, baiknya tanam bawang di dalam pot kecil berisi tanah, dan biarkan tumbuh.

2. Dihaluskan dulu baru disimpan di kulkas
Anda dapat menghaluskan beberapa siung bawang putih dengan blender atau food processor, lalu  simpan dalam wadah kedap udara. Kemudian, simpan di dalam kulkas. Cacahan bawang putih ini bisa menghemat waktu memasak Anda nantinya. Selain lebih praktis, bawang putih yang sudah dihaluskan juga lebih awet dibanding bawang utuh yang disimpan di suhu ruangan.

3. Rendam dalam minyak zaitun
Cara selanjutnya adalah dengan merendam bawang putih dengan minyak zaitun. Pertama, kupas dulu bawang putih dan cuci bersih, kemudian simpan dalam wadah. Setelah itu tuang minyak zaitun hingga semua bawang tenggelam di dalamnya. Tutup rapat dan masukkan wadah dalam kulkas.

Minyak zaitun yang terserap dalam bawang itu nantinya akan ikut memperkaya rasa masakan Anda. Selain itu, minyak rendaman yang kini menyisakan rasa bawang dapat digunakan sebagai saus atau dressing salad.

Ingat, simpan bawang putih dan minyak zaitun di kulkas, jangan di suhu ruangan. Bawang putih yang disimpan dengan cara ini biasanya bisa tahan sekitar 3 minggu. Bila sudah lebih dari 3 minggu, buang dan ganti dengan bawang putih segar dan minyak zaitun baru. Sumber : hellosehat.com

Berlangganan via Email