RPP Kurikulum Merdeka 1 Lembar SD Kelas 4 Tahun Ajaran 2022-2023

RPP 1 LEMBAR - Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah langkah kegiatan, dan asesmen. RPP Kurikulum Merdeka 1 Lembar SD Kelas 4 Tahun Ajaran 2022-2023

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP 1 Lembar. Contoh RPP 1 Lembar SD Kelas 4 Tahun 2020.


RPP 1 Lembar SD Kelas 4 Tahun Ajaran 2020-2021

RPP TEMATIK 1 Lembar Kelas Tinggi Kelas 4 SD. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan untuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik Tujuan pembelajaran diturunkan dan diekstrak dari kompetensi dasar dan diuraikan menjadi kompetensi-kompetensi yang akan dicapai peserta didik. Kegiatan pembelajaran diisi dengan aktivitas- aktivitas sesuai sintaks model pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditentukan.

Untuk kegiatan pembelajaran memuat 3 komponen pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Kegiatan pembelajaran perlu dilengkapi dengan dokumen pendukung, contohnya pada kegiatan percobaan perlu dilengkapi dengan langkah-langkah percobaan. Langkah-langkah percobaan tersebut dapat dituliskan dalam buku panduan praktikum

Baca Juga :
➤ RPP 1 Lembar  SD Kelas 1 Tahun Ajaran 2020-2021
➤ RPP 1 Lembar  SD Kelas 2 Tahun Ajaran 2020-2021
➤ RPP 1 Lembar  SD Kelas 3 Tahun Ajaran 2020-2021
➤ RPP 1 Lembar  SD Kelas 4 Tahun Ajaran 2020-2021
➤ RPP 1 Lembar  SD Kelas 5 Tahun Ajaran 2020-2021
➤ RPP 1 Lembar  SD Kelas 6 Tahun Ajaran 2020-2021

Di akhir kegiatan penutup terdapat refkeksi tak hanya untuk peserta didik, namun juga untuk pendidik sehingga memungkinkan guru untuk dapat mendapatkan informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran yang akan menjadi acuan untuk pembelajaran selanjutnya.

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran membuat model RPP inspiratif. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini dimaksudkan uuntuk memberikan guru kebebasan berekspresi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dalam pelaksanaannya guru dapat menyesuaikan RPP dengan kondisi kelas dan peserta didik.

Contoh RPP 1 Lembar SD Kelas 4 Tahun 2020 | RPP 1 Lembar TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 4 SD

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Tematik (IPA, IPS)
Sekolah : SD
Kelas / Semester : 4 / Ganjil
Tema : Harmoni Indonesia
Periode Bulan/minggu : Agustus/2

TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya, dan melakukan kegiatan upaya pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
2. Mengidentifikas, dan menyajikan hasil identifikasi kegiatan ekonomi dan hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial dan budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi.

LANGKAH KEGIATAN
1. Berkeliling sekolah, dan lingkungan sekolah untuk mengamati sumber daya alam dan pemanfaatannya di lingkungan sekitar.
2. Mendaftar sumber daya alam yang terdapat di lingkungan sekitar sekolah/kota/kabupaten.
3. Mendaftar jenis perekonomian/pedagang/profesi yang terdapat di sekitar lingkungan.
4. Mendaftar jenis perekonomian/pedagang/profesi yang terdapat di sekitar sumber daya alam yang ada.
5. Mencari data di internet tentang kondisi sumber daya alam di lingkungan/daerah dalam beberapa tahun ke belakang dibandingkan dengan kondisi saat ini.
6. Melakukan kampanye pelestarian lingkungan dengan cara membuat poster atau menulis ajakan.

REFLEKSI DAN KONFIRMASI
(Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan)

PENILAIAN
1. Menjelaskan pengertian sumber daya alam, dan macam-macam sumber daya alam.
2. Upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya.
3. Dokumentasi kampanye (produk/unjuk kerja).

Contoh RPP 1 Lembar SD Kelas 4 Tahun 2020 | RPP 1 Lembar TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 4 SD
Contoh RPP Inspiratif SD Kelas 4 Tahun 2020 | RPP TEMATIK Kelas Tinggi Kelas 4 SD

Format File .doc  .docx Microsoft Word dan PDF ]